Garam Bisa Mengobati Gatal-gatal di Tubuh, Ternyata Ini Jawabannya

Minggu 17-12-2023,08:00 WIB
Reporter : Ranti
Editor : Zuhlifar Arrisandy

RADAR TEGAL – Umumnya, garam digunakan sebagai salah satu bumbu dapur yang bisa membuat masakan menjadi lebih nikmat. Berikut penjelasan mengenai fakta atau mitos garam bisa mengobati gatal-gatal di tubuh.

Namun, kebanyakan masyarakat Indonesia belum mengetahui mengenai manfaat garam selain digunakan sebagai bumbu dapur. Yaitu garam bisa dijadikan opsi untuk mengobati gatal-gatal di tubuh, dengan berbagai sebab. 

Merangkum dari berbagai sumber, garam diketahui menjadi solusi alami yang efektif untuk mengobati masalah gatal-gatal pada kulit. Artikel ini akan membahasnya detail, tentang kegunaan dan cara pemakaiannya.

Perlu diketahui, garam memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik yang bisa membantu Anda dalam mengobati peradangan atau gatal-gatal pada kulit tubuh, serta bisa mencegah infeksi.

Adapun salah satu cara paling sederhana untuk menggunakan garam yakni dengan mencampurkan sejumlah garam dapur biasa dengan air hangat.

BACA JUGA: BACA JUGA: Tiga Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam, WOW Kaki Jadi Nggak Bau Lagi!

Larutkan garam dalam air dan gunakan campuran tersebut untuk merendam bagian tubuh yang gatal selama beberapa menit.

Proses tersebut diketahui bisa membantu Anda dalam menguangi gatal dan kemerahan pada kulit. Selain itu, scrub garam juga bisa menjadi pilihan efektif untuk Anda.

Dengan mencampurkan garam dengan minyak kelapa atau minyak zaitun, Anda bisa membuat scrub alami yang bisa mengangkat sel kulit mati serta merangsang sirkulasi darah.

Apabila Anda menggunakan scrub secara teratur maka bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah munculnya gatal-gatal yang tidak Anda inginkan.

Manfaat dan kandungan Garam

Tahukah Anda bahwa garam mengandung magnesium yang bisa memberikan manfaat tambahan. Magnesium sendiri terkenal bisa mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan kesehatan kulit.

Dengan merendam diri dalam air yang mengandung garam epsom maka bisa memberikan efek relaksasi pada kulit Anda.  Gatal sendiri disebabkan oleh beberapa faktor seperti alergi dan iritasi.

BACA JUGA: Mulai Produksi Garam Lagi, Petani Brebes Berharap Harga Tidak Jatuh dan Cuaca Bersahabat

Garam bukan hanya dijadikan sebagai bahan dapur biasa, namun juga bisa menjadi solusi alami untuk meredakan gatal pada kulit.

C ara menggunakan garam untuk mengobati gatal-gatal di tubuh

1. Larutkan Garam Mandi

Cara pertama Anda bisa campurkan setengah cangkir garam ke dalam air mandi hangat.  Anda hanya cukup berenda, selama 15 hingga 20 menit.

Garam diketahui bisa membantu Anda dalam mengurangi peradangan dan memberikan kelegaan pada kulit yang gatal.

2. Kompres Garam

Selain melarutkan garam, Anda juga bisa merendam kain bersih dalam larutan air garam encer. Kemudian, tempelkan pada area yang gatal selama 10 hingga 15 menit.

Proses tersebut diketahui bisa membantu Anda dalam meredakan gatal serta mengurangi pembengkakan.

BACA JUGA: Harga Garam Tembus Rp2.800 Perkilo dan Langka, Produksi Ikan Asin di Tegal Terancam Mandek

3. Scrub Garam

Anda bisa menggunakan garam sebagai Scrub. Caranya, campurkan garam halus dengan sedikit minyak kelapa atau minyak zaitun.

Kemudian, gosokan secara lembut pada area yang gatal selama beberapa menit sebelum mandi. Dengan menggunakan scrub garam, diyakini bisa membantu Anda dalam mengangkat sel-sel kulit mati dan mengurangi rasa gatal.

4. Pasta garam dan air

Cara berikutnya, campurkan garam dengan sedikit air hingga membentu pasta.  Oleskan pasta tersebut pada area yang gatal dan biarkan selama beberapa menit sebelum Anda bilas, ya.

Dengan cara tersebut, diyakini bisa memberikan efek sejuk dan mengurangi sensi gatal.

Penutup

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban pertanyaan mengenai fakta atau mitos garam bisa meredakan gatal pada tubuh adalah fakta.

Namun, kembali lagi pada keyakinin setiap individu, ya.  Anda bisa mempercayainya atau hanya menganggapnya sebagai sebuah mitos yang beredar di masyarakat.

BACA JUGA: Harga Tembus Rp2.000 Perkilo, Petani Garam di Tegal Kembali Produksi Setelah Sempat Vakum Setahun

Demikian ulasan mengenai fakta atau mitos garam bisa meredakan gatal pada tubuh. Semoga bermanfaat.  (*) 

Kategori :