Majikan Auto Anteng, Begini Tips Memandikan Kucing agar Tidak Dicakar

Minggu 05-11-2023,09:30 WIB
Reporter : Muninggar Setiyo Rini
Editor : Muninggar Setiyo Rini

RADAR TEGAL - Punya kucing yang kotornya minta ampun tapi takut untuk memandikannya. Ikuti tips memandikan kucing berikut ini agar tidak dicakar.

Tips memandikan kucing berikut ini akan membuat kucing tidak berontak saat dimandikan. Auto gak kabur-kabur lagi deh saat diguyur air.

Tips memandikan kucing berikut ini juga tidak akan melukai hewan peliharaanmu yaa. Jadi sangat cocok untuk kucing yang suka berontak saat dimandikan.

Berikut tips memandikan kucing agar tidak dicakar. Siapkan tangan dan kesabarnmu untuk mengikuti step by stepnya.

BACA JUGA:Mitos Kucing Belang 3, Dianggap Sebagai Hewan Istimewa yang Membawa Keberuntungan Bagi Pemiliknya

Tips 1 : Siapkan perlengkapan perang

Tenang saja, tidak perlu senjata api atau lainnya. Untuk berperang dengan kucing yang berontak saat dimandikan, kamu perlu menyiapkan perlengkapan berikut:

  • sarung tangan
  • bak mandi
  • air hanyat
  • handuk bersih
  • sampo kucing
  • sisir
  • sikat

Tips 2 : Isi bak mandi dengan air hangat

Agar kucing nyaman, jangan lupa mandikan majikan dengan air hangat. Pastikan kita mengecek suhunya agar tidak terlalu panas lalu, masukkan kucing ke dalam bak air secara perlahan agar mereka tidak kaget.

Bisa juga dengan membasuh kaki mereka terlebih dahulu dengan air hangat, baru dimasukkan ke dalam bak. Gunakanlah kedua tangan dan pegang kucing agar tidak berontak, tapi jangan terlalu keras supaya kucing tidak kesakitan. 

Tips 3 : Pegang dengan penuh kelembutan

Ini adalah tips yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Peganglah dengan lembut dan tidak menakuti kucing. Kalau kucing sudah terbiasa dimandikan pasti lebih mudah.

Tetapi, kucing yang baru pertama kali dimandikan pasti panik. Namun, teman-teman tidak boleh takut dan tetap tenang, agar kucing tidak berontak. Setelah itu, tutup pintu kamar mandi dan mulai memandikan kucing peliharaan. 

Tips 4 : Gosok dari bulu hingga muka

Basahilah seluruh tubuh kucing dengan air hangat. Tuangkan sampo ke seluruh tubuh dan gosok-gosok hingga bersih. Hindari menyiram bagian wajah kucing.

Jika sudah selesai dengan bagian badan dan ekor, mulai bersihkan bagian wajah kucing. Caranya, ambil handuk lembut yang sudah dibasahi air hangat. Kemudian, usapkan ke wajah kucing sampai bersih.

Jangan menyirap kepala kucing, sebab menyebabkan air masuk ke dalam telinga dan menyebabkannya iritasi.

BACA JUGA:Penyakit Rabies Mengancam, Warga Batang Ramai-ramai Vaksinasi Hewan Peliharaan 

Tips 5: Mengeringkan Kucing 

Kalau bagian wajah, badan, dan ekor sudah bersih saatnya mengeringkan kucing. Keluarkan kucing dari bak dan bungkus menggunakan handuk bersih yang kering.

Kategori :