Keren Nih! Pelabuhan Kluwut Brebes Bakal Jadi Pangkalan Perikanan Terukur

Rabu 01-11-2023,21:15 WIB
Reporter : Dedi Sulastro
Editor : Dedi Sulastro

RADAR TEGAL - Pelabuhan Kluwut di Desa Kluwut, Kecamatan Bulakamba bakal menjadi pangkalan Perikanan Terukur. Ini mengingat pelabuhan tersebut tidak ada aktivitas lain selain aktifitas perikanan.

Hal ini terungkap saat Sosialisasi Kesyabandaran Perikanan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), di Bulakamba, Selasa 31 Oktober 2023 lalu.

Kepala Dinas Perikanan Brebes Zuhdan Fanani mengatakan, hasil sosialisasi itu, sesuai aturan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2013, kesyabandaran perikanan terlepas dari kesyabandaran pelabuhan.  

"Pelabuhan Kluwut sendiri hanya ada aktivitas perikanan saja, tidak ada yang lain. Sehingga Pelabuhan Kluwut layak menjadi pelabuhan perikanan," ungkapnya, Rabu 11 November 2023.

BACA JUGA:Pengusaha Ikan Asin Minta Rencana Pengembangan Pelabuhan Tegalsari Dikaji Ulang

Dengan menjadi pelabuhan terukur, nantinya akan memudahkan kapal-kapal di Pelabuhan Kluwut memperoleh pelayanan pelayanan negara bukan pajak (PNBP).

"Ini sangat positif bahkan PNBP dalam satu bulan bisa sampai hampir Rp3 miliar," jelasnya.

Sementara bagi pemerintah sendiri, bagi hasil diperkirakan akan lebih besar penerimaanya. Termasuk dengan pangkalan perikanan di Kluwut bisa meningkatkan sarana dan prasarana. Termasuk, akan memudahkan sandar kapal dan aktivitas perikanan dan perkantoran syabandar.

"Saat ini fasilitas di Pelabuhan Kluwut masih minim. Nantinya kedepan, kesyabandaran akan ad perbaikan alur navigasi, sarana penunjang lain. Seperti air bersih, logistik bagi nelayan perbengkelan akan menjadi kebutuhan. Apalagi saat ini ada 1.765 perahu kecil 387 perahu besar diatas 30 GT," pungkasnya. (*)

Kategori :