Lalu apa alasan konsumsi Innova Zeniz Non Hybrid lebih irit dari Kijanh Innova Diesel?
BACA JUGA:Toyota Avanza Bekas di Bawah 100 Juta, Oktober 2023! Jangan Lewatkan Penawaran Terbaik Ini!
Penggunaan Toyota New Global Architecture atau TNGA GA-C berjeniskan monokok disebut menjadi alasan Innova Zenix Non Hybrid memiliki konsumsi BBM yang lebih irit.
TNGA selain memberikan ruangan kabin yang lebih lega dan luas, juga mampu mengoptimalkan rigiditas bodi, dan menekan berat mobil hingga 170 kg pada generasi sebelumnya.
Adapun berat sebuah mobil yang berkurang menjadikan kontribusi pada efisiensi konsumsi BBM yang akhirnya membuatnya menjadi lebih irit.
Sedangkan untuk jantung mesin, Toyota Innova Zenix Non Hybrid menggunakan mesin anyar berjeniskan M20A-FKS Dynamic Force Engine yang memiliki kapasitas 1.987 cc dan 4 silinder hampir sama dengan Dual VVT-i nya D-4S yang dapat menyemburkan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsii maksimal 204 Nm pada 4.500-4.900 rpm.
BACA JUGA:5 Keunggulan Toyota Yaris Sebagai Mobil Hatchback yang Layak Menjadi Pilihan Anda
Sementara untuk mesin bensi yang digunakan selanjutnya di kombinasikan dengan transmisi CVT-10-percepatan dengan responsivitas pada putaran bawah menghasilkan RPM yang rendah, alhasil mempengaruhi peningkatan konsumsi BBM yang lebih irit.
Selain itu Innova Zeniz Hybrid juga memiliki konsumsi BBM yang lebih irit kerana mengandalkan sistem penggerak roda depannya yang tidak melalui banyak peranti guna mendistribusikan putaran mesin menuju roda.
Nah jadi itulah ulasan mengani perbandingan konsumsi BBM Innova Zenix Non Hybrid dengan Kijang Innova Diesel.
Kesimpulan
Toyota Innova Zenix Non Hybrid memiliki konsumsi BBM yang lebih irit daripada Kijang Innova Diesel. Hal ini disebabkan oleh penggunaan platform TNGA GA-C, mesin M20A-FKS Dynamic Force Engine, dan transmisi CVT 10-percepatan.(*)
Artikel ini telah tayang di autofun.co.id dengan judul " Terbukti, Konsumsi BBM Toyota Innova Zenix Non Hybrid Lebih Irit dari Innova Reborn Diesel" klik judul untuk membacanya.