Jarang Diketahui Orang, Ternyata Ada 5 Manfaat Kunyit yang Bisa Dijadikan Obat Depresi Alami

Kamis 26-10-2023,08:00 WIB
Reporter : Muninggar Setiyo Rini
Editor : Muninggar Setiyo Rini

RADAR TEGAL - Manfaat kunyit  yang jarang orang tahu ini ternyata sangat baik untuk tubuh. Siapa sangka bahan dapur tersebut ternyata memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa.

Manfaat kunyit  sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu kunyit juga sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Namun agar manfaat kunyit bisa bekerja dengan baik, perlu penyajian yang baik juga. Kamu juga bisa mengkonsumsinya dengan cara di bawah agar manfaatnya bisa mankin terasa.

Oleh karena itu, berikut manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh. Simak artikel ini sampai akhir untuk informasi selengkapnya.

BACA JUGA:5 Manfaat Buah dan Daun Dewandaru untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Atasi Demam sampai Rematik

Dapat Mengendalikan Gula Darah

Untuk kamu yang memiliki gula darah tinggi, ternyata kunyit dapat mengontrolnya dengan baik.  Mengonsumsi kunyit secukupnya secara rutin diketahui dapat meningkatkan kinerja  hormon insulin sehingga mampu membantu mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Bahkan, karena memiliki efek antiinflamasi, konsumsi kunyit juga dapat meminimalkan risiko terjadinya komplikasi peradangan akibat diabetes.

 

Mengurangi Gejala Depresi

Untuk gen z yang sering terlanda despresi karena stres kerjaan atau karir. Kunyit bisa membantu untuk meredakan depresimu. 

Konsumsi kunyit secukupnya dipercaya dapat membantu mengoptimalkan kerja obat antidepresan dalam mengendalikan gejala depresi.

Selain itu, kurkumin di dalam kunyit juga mampu meningkatkan produksi hormon dopamin dan serotonin yang berfungsi untuk mengatur suasana hati.

Meredakan Nyeri Haid

Nyeri haid yang sangat sakit terkadang akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kamu bisa meredakannya dengan mengkonsumsi kunyit. 

Kunyit dapat meredakan nyeri haid dikarenakan kunyit memiliki kandungan kurkumin yang dapat membantu mengurangi kontraksi otot rahim selama menstruasi.

Memelihara Fungsi Otak

Manfaat kunyit yang lain yaitu mampu menjaga kesehatan dan fungsi otak. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung senyawa antiinflamasi yang bisa meminimalkan risiko peradangan di otak.

Bahkan, konsumsi kunyit secukupnya juga dapat meningkatkan kemampuan daya ingat serta membantu menangani penyakit Alzheimer.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kategori :