4 Ton Beras Bantuan Provinsi Mulai Digelontorkan di Kota Tegal, Masing-masing KK dapat 10 Kilogram

Jumat 20-10-2023,18:30 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

RADAR TEGAL - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah mulai menggelontorkan beras bantuan di sejumlah daerah, salah satunya di Kota Tegal. Bantuan, diserahkan secara simbolis oleh Pj. Gubernur Nana Sudjana di Pendopo Ki Gede Sebayu, Jumat 20 Oktober 2023. 

Hadir dalam kegiatan penyerahan beras bantuan, Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono. Serta sejumlah pejabat lainnya di lingkungan Pemkot Tegal.

Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan perkembangan situasi saat ini akibat fenomena El Nino, menimbulkan keresahan di masyarakat. Itu, sangat dirasakan dengan kekeringan yang terjadi di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

"Selain itu situasi global perang Ukraina dan Rusia, konflik Hamas dan Israel memberi kontribusi faktor kenaikan harga bahan pokok. Khususnya beras yang menyumbang inflasi daerah,"katanya.

Baca Juga: Beras Bantuan Tidak Boleh Ditumpuk di Suatu Tempat,Menteri PMK Muhajir Effendi: Boleh Ada Titik Kumpul

Karenanya, kata Nana, Pemprov sudah mempersiapkan langkah-langkah antisipatif sebelum terjadi masalah tersebut. Antara lain, pemberian beras bantuan ke daerah yang membutuhkan sesuai instruksi Presiden Joko Widodo. 

"Harapannya, dengan upaya membagikan bantuan beras di beberapa daerah dapat menekan kenaikan harga beras. Serta menekan laju inflasi,"ujarnya.

Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Jateng. Sebab, telah memberikan bantuan empat ton beras kepada masyarakat di wilayahnya.

"Sedianya bantuan yang akan diberikan sejumlah dua ton beras. Namun Pj. Gubernur Jawa Tengah memberikan tambahan lagi, sehingga jumlah total beras yang dibagikan total empat ton,"jelasnya.

Baca Juga: Bulog Pastikan Bansos Beras 10 Kg Sudah Tersalurkan ke 297 Desa dan Kelurahan di Brebes

Nantinya, kata Dedy Yon, beras bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat yang menbutuhkan di empat kecamatan. Dengan sasaran 400 Kepala Keluarga (KK) yang akan menerima masing-masing KK mendapat 10 kg beras.

"Kami berharap, bantuan beras tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat penerima. Paling tidak dapat menambah cadangan beras di rumah,"jelasnya. (*)

Kategori :