Bensin Pertalite Dicampur dengan Minyak Kayu Putih Bisa Setara dengan BBM Pertamax? Begini Kata Ahli Migas

Kamis 19-10-2023,21:00 WIB
Reporter : Dimas Adi Saputra
Editor : Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Simak informasi seputar apakah bensin dicampur minyak putih akan menghasilkan bahan bakar yang kualitasnya setara dengan Peratamax? Simak dibawah ini.

Dengan mencampurkan bensin yang beroktan rendah seperti Pertalite dengan minyak kayu putih, mungkin bisa menaikan kadar oktan menjadi tinggi seperti yang terdapat pada Pertamax.

Metode seperti dimaksudkan untuk membuat oktan dalam pertalite naik dengan menggunakan bantuan minyak kayu putif yang menjadi alternatif Octane Booster.

Namun apakah cara seperti diatas bisa berhasil dengan menggunakan minyak kayu putih sebagai aditif bensin agar oktannya naik?

BACA JUGA:Berapa Kilometer Baru Ganti Filter Bensin Mobil? Begini Penjelasan dan Cara Ganti Sendiri di Rumah

Menanggapi hal ini Muhammad Fuad selaku Peneliti Badan Pengujian Minyak gas Bumi Lemigas menjelaskan bahwa energi kalor dari minyak kayu putih terlalui tinggi  sebagai aditif bensin.

"Energi kalor dari minyak kayi putih relatif tinggi", kata Muhammad Fuad dikutip dari motorplusonline.com.

Adapun Fuad juga memberikan tambahan penjelasan jika energi kalor itu merupakan takaran energi atau panas yang diproduksi pada saat terjadinya proses pembakaran/combustion pada ruang bakar.

"Energi kalor yang tinggi yang terdapat di minyak kayu putih dikarenakan kandungan utamanya adalah senyawa hidtokarbon yang menyerupai bensin dan oksigenat seperti alkohol." Tambah Fuad.

BACA JUGA:Solusi Saringan Bensin Toyota Rush Mampet atau Tersumbat, Ternyata Ini Gejalanya

Fuad juga memberikan fakta bahwa cairan minyak kayu putih memiliki kemampuan untuk mudah larut pada bahan bakar atau bensin.

"Minyak kayu putih mempunyai sifat yang cocok dicampur dengan bahan bakar," kata Fuad. "Sifat ini dikenal lipofilik, yang artinya mudah larut dalam bahan bakar," tambahnya.

Adapun salah satu kandungan yang terdapat di minyak kayu putih juga ternyata dapat berperan penting sebagai cotane booster atau lebih dikenal dengan peningkat kadar oktan.

"Minyak kayu putih memiliki senyawa oksigenat yang bisa meningkatkan angka oktan bahan bakar," kata Fuad.

BACA JUGA:Anti Boros! Berikut Rekomendasi 5 Motor Hemat Bensin, Cocok untuk Mudik

Kategori :