5. Strategi dumping
Dalam beberapa kasus, produsen China menerapkan strategi dumping, yang artinya mereka menjual produk dengan harga di bawah biaya produksi. Ini seringkali dilakukan untuk merebut pangsa pasar dan mengalahkan pesaing.
Meskipun ini menguntungkan konsumen dengan harga murah, dapat memberikan tekanan tambahan pada produsen lokal.
Dampak Positif dan Negatif
BACA JUGA:BSI Resmikan Masjid di Bakauheni, Perkuat Kontribusi untuk Pertumbuhan Ekonomi
Dampak positif
a. Meningkatkan daya beli masyarakat
Harga yang terjangkau memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk membeli barang-barang yang sebelumnya mungkin terlalu mahal. Ini secara langsung meningkatkan daya beli masyarakat.
b. Memperluas pilihan barang bagi konsumen
Kehadiran barang-barang China yang terjangkau menambah variasi dan pilihan untuk konsumen. Mereka memiliki akses lebih besar terhadap berbagai produk yang memenuhi kebutuhan mereka.
c. Meningkatkan persaingan di pasar
Hadirnya barang-barang China yang terjangkau telah mendorong persaingan di pasar. Ini menguntungkan konsumen karena produsen harus menjaga kualitas produk mereka sambil menawarkan harga yang kompetitif.
BACA JUGA:Ekonomi Biru Akan Dijadikan Penarik Sumber Pendanaan Baru
Dampak negatif
a. Menyulitkan industri lokal
Meskipun konsumen mendapat manfaat dari harga yang terjangkau, produsen lokal mungkin menghadapi kesulitan bersaing. Mereka harus berjuang melawan produk China yang lebih murah.