Hanya Ada 76 Unit di Indonesia, Ini Spek Gahar Toyota Avanza Terbaru yang Sangat Langka dan Spesial

Rabu 06-09-2023,07:29 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

RADAR TEGAL - Dari beberapa varian  Toyota Avanza terbaru, ternyata ada salah satu tipe yang sangat langka keberadaanya.  Bahkan tipe ini hanya diproduksi 76 unit di Indonesia.  

Tanpa disadari, kita jarang melihat langsung Toyota Avanza terbaru tipe G CVT TSS atau Toyota Safety Sense (radar kamera). Ternyata tipe ini sangat istimewa, karena terbatas unitnya.

Padahal umur Toyota Avanza terbaru ini hampir 2 tahun, tetapi memang  populasi tipe termahal ini sangat sedikit dan terbatas jumlahnya. Sehingga bisa jadi banyak yang tak menyadari adanya Avanza dengan TSS.

Toyota Avanza terbaru TSS sendiri memang jarang ditemukan, namun wujudnya kemarin muncul saat dipajang di GIIAS 2023 dengan tambahan aksesoris resmi TCO.  Ciri yang paling khas dari tipe TSS adalah adanya dua lensa kamera di bagian atas kaca depan.

BACA JUGA:7 Keluhan Pengguna Mobil Toyota Veloz yang Ramai Dibahas di Forum Otomotif, Salah Satunya Soal Material

Fitur keren Anvanza TSS

Keunggulan lain Avanza TSS ini dibandingkan tipe G dan non TSS adalah  keberadaan fitur keselamatan yang lebih banyak . Antara lain  6 buah airbag dan tambahan sematan fitur Toyota Safety Sense (TSS).

Fitur safety canggih dan kekinian Toyota Avanza terbaru itu terdiri dari Pre-Collision System, Front Departure Alert, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning, Blind Spot Monitor, dan Rear Cross Traffic Alert. Hingga  Juli lalu, Avanza TSS ini hanya terkirim sebanyak 76 unit selama tahun 2023.

Jumlahnya sangat sedikit daripada tipe-tipe Avanza lainnya yang mencapai ribuan unit, dengan jumlah paling tinggi sekitar 10.351 unit untuk tipe G manual.  Tipe Toyota Avanza terbaru TSS ini hanya berkontribusi 0,2 persen dari total wholesale Avanza antara Januari-Juli 2023 yang mencapai 34.979 unit.

Jika melihat dari segi penjualannya, tipe TSS tersebut memang kurang diminati. Karena mayoritas konsumen lebih memilih Toyota Veloz Q CVT TSS, terbukti jumlah penjualan antara Januari-Juli 2023 mencapai 2.100 unit.

BACA JUGA:Bawa Balik Toyota Avanza Veloz DP Rp29 Jutaan, Angsuran Ringan Mulai 5 Jutaan Perbulan, Begini Skemanya

Padahal harga jualnya mencapai Rp335 jutaan, sementara Toyota Avanza terbaru G CVT TSS dibanderol Rp298 jutaan.  Tak heran jika Avanza tipe tertinggi tersebut dijual secara spot order alias indennya bisa berbulan-bulan, karena bukan stok prioritas.

Penjualan Toyota Avanza terbaru

Sekadar informasi hanya Indonesia yang mempunyai unit Avanza dengan fitur TSS, karena di negara lain fitur safety maksimalnya hanya 6 airbag, BSM, dan RCTA. Berikut  data wholesale Toyota Avanza & Veloz periode Januari-Juli 2023, yang mencapai  48.172 unit di antaranya:

1. Avanza 1.3 Transmover 1.285 unit

Kategori :