Struk Token Listrik Hilang Bisa Dicek Lagi Pakai Aplikasi, Berikut Cara untuk Mengetahuinya

Minggu 27-08-2023,21:13 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

RADAR TEGAL - Daya listrik di rumah kini mayoritas sudah menggunakan sistem prabayar alias token. Hanya saja seringkali kita mengalami token listrik hilang, padahal baru saja dibeli. 

Token terdiri dari 20 digit angka, yang berisi pulsa listrik sejumlah nominal yang dibeli. Ke-20 digit angka itulah yang kemudian dimasukkan ke kwh meter prabayar saat mengisi daya listrik.

Seiring kemajuan zaman, kini pembelian token listrik dapat dilakukan di toko, ATM, minimarket, aplikasi, dompet digital, maupun layanan berbasis daring lainnya. Ironisnya tak jarang token listrik yang baru dibeli hilang.

Meski begitu kita tak perlu bingung-bingung lagi. Token atau pulsa yang baru saja kita beli dan hilang bisa kita lacak, dengan cara yang gampang. 

Biasanya token listrik yang hilang tersebut sudah dibeli pengguna melalui transaksi keuangan di toko dan ATM. Apalagi token tersebut hanya tercetak dalam bentuk struk. 

Cara cek token listrik yang hilang

Struk yang terbuat dari secarik kertas struk berukuran kecil, kadang-kadang tanpa kita sadari sering hilang atau terselip. Padahal struk tersebut merupakan bukti transaksi pembelian stroom.

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui token listrik yang sudah terlanjur hilang, tapi belum diisikan ke kwh meter? Caranya sangat kampung, tinggal ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Kita pun tidak perlu repot-repot ke ATM maupun ke toko saat kita membelinya, untuk mengecek lagi token listrik yang hilang.  Token tersebut bisa dicek secara online menggunakan aplikasi PLN Mobile dengan cara-cara sebagai berikut: 

1. Unduh PLN Mobile melalui App Store atau Play Store. 

2. Daftar atau masuk ke akun PLN Mobile jika sudah memiliki.

3. Bagi pengguna yang sudah memiliki akun, mereka cukup memasukkan nomor telepon lalu login.

4. Pilih menu "Token dan Pembayaran" 

5. Klik ID pelanggan 

6. Jika sudah, klik "Riwayat Pembelian Token" 

Kategori :