Mitos Pantai Alam Indah Tegal, Diawali dengan Menenggelamkan Diri ke Laut?

Senin 28-08-2023,08:02 WIB
Reporter : Ranti
Editor : Ranti

RADAR TEGAL – Pantai Alam Indah (PAI) Tegal merupakan salah satu pantai yang terkenal di daerah Tegal. Berikut mitos Pantai Alam Indah Tegal.

Pantai Alam Tegal (PAI) mempunyai luas sekitar 100 hektar dan menawarkan pemandangan alam laut yang indah.

Pantai ini memiliki beragam fasilitas yang lengkap seperti hotel, restoran, dan wahana permainan.

Namun, tahukah Anda bahwa di balik keindahan dan keramaian objek wisata yang satu ini ternyata PAI terkenal akan mitos yang menyeramkan, lho.

Salah satu mitos yang paling terkenal yakni mengenai tumbal Nyi Rantam Sari.

Kisah misteri semacam Dewi Rantamsari ini sudah mentradisi bagi masyarakat Tegal. Konon katanya, pada waktu-waktu tertentu sering menampakkan diri.

Sebagaimana melansir dari panturapost berikut penjelasannya.

Darnot warga dari Kelurahan Slerok, pernah dengan jelas diperlihatkan wujud Dewi tersebut yang cantik melalui cahaya lampu mercusuar di Pantai Tegal dalam pakaian serba putih.

Salah satu warga Pesuren Pedukuhan Kalibuntu, Kelurahan Panggung, Kota Tegal, yakni almarhum Ta’ip juga pernah menjadi suami dari sosok ini.

BACA JUGA: Hari Ini, Harga Tiket Masuk Obyek Wisata Pantai Alam Indah Kota Tegal Naik!

Menurut cerita yang beredar, Sudarso anak dari Pak Ta’ip mengatakan bahwa periwtiwa tersebut diawali ketika Bapaknya bekerja di pelabuhan.

Pada saat itu, Bapaknya sedang buang air besar di sekitar Warudoyong. Namun, tiba-tiba terdapat tenaga gaib yang menarik dan menenggelamkannya ke dasar laut.

Hingga selang beberapa saat, di pintu gerbang istana bawah laut, Ta’ip dipaksa bertanding melawan makhluk berkaki kuda berkepala manusia.

Ringkas cerita, Ia pun menang dan mengalahkan beberapa penjaga lelembut dan akhirnya Ia hidup bersama Dewi Rantamsari sebagai pasangan suasi isteri hingga ratusan tahun.

Padahal, hanya beberapa menit saja, tidak ada satu jam. Namun, durasi waktu di dunia nyata dengan alam gaib terpaut ratusan tahun.

Peristiwa mistis seperti itu juga konon dialami oleh beberapa orang yang pernah memergoki sosok tersebut.

Dalam mitos lama yang sudah turun-temurun di masyarakat Tegal. Dewi Rantamsari ini merupakan seorang wnaita cantik yang setiap pada kekasihnya.

Namun, Ia dikecewakan. Karena putus asa, Ia lalu memutuskan untuk menenggelamkan diri ke laut.

Dari kisah tragis tersebutlah, kemudian masyarakat Tegal mempercayai bahwa roh sosok tersebut dapat disambat atau diminta pertolongan untuk melindungi anak perawan dari ancaman nafsu jahat seorang lelaki.

Namun, percaya atau tidak, ini hanya sebuah mitos belaka, ya.

BACA JUGA: 3 Kapal Tongkang Juga Terdampar di Obyek Wisata Pantai Alam Indah

Demikian ulasang mengenai mitos PAI Tegal. Semoga bermanfaat.***

Kategori :