Malas Sikat Gigi? Ini Dia Deretan Mitos Tentang Kesehatan Gigi

Kamis 17-08-2023,19:03 WIB
Reporter : Sosa Kinsty
Editor : Sosa Kinsty

RADAR TEGAL - Kesehatan gigi sangat penting bagi semua orang sejak kecil. Selain gigi, mulut juga merupakan kesehatan yang harus dijaga. 

Namun siapa sangka ternyata ada mitos seputar kesehatan gigi. Banyak juga orang yang malas dalam menjaga kesehatan gigi, oleh karena itu kami berikan mitos yang harus kalian ketahui.

Berikut mitos mengenai kesehatan gigi yang dapat kalian simak. 

Mitos kesehatan gigi

Gula adalah musuh terbesar gigi

Sebenarnya, yang harus disalahkan adalah bakteria jahat yang memproduksi asam yang menyebabkan gigi berlubang.

Sisa karbohidrat dalam gigi adalah makanan untuk bakteri ini. Gula termasuk dalam kategori karbohidrat. Begitu juga makanan sehat atau sereal yang kita makan dan tersisa atau menempel di gigi.

Calon ibu dilarang ke dokter gigi

Malah sebaliknya, jika ada peradangan dalam gigi berlobang saat sedang hamil, itu seharusnya dengan cepat dicopot. Ketakutan utama para calon ibu ini adalah sakit dari pengobatan ini dapat mempengaruhi janin bayi.

Padahal, sejalan dengan perkembangan jaman, penelitian modern mengindikasi keamanan prosedur bius lokal. Namun, saat berkonsultasi, beritahu dokter gigi dalam keadaan hamil.

Hindari perbaikan gigi susu

Gigi susu sering memiliki enamel yang tipis dan sebagai hasilnya kurang dilindungi dari bakteria. Lubang di gigi susu dapat menyebabkan peradangan purulen yang akan membahayakan gigi permanen.

Butuh bulu sikat keras agar gigi bersih

Sebenarnya, gigi juga bersih dengan sikat gigi halus. Beberapa dokter gigi merekomendasi untuk menggunakan sikat gigi halus agar tidak melukai gusi dan merusak enamel.

Hal yang harus diikuti adalah mengikuti peraturan sederhana tentang menyikat gigi seperti menyikat gigi dua kali sehari dan mengganti sikat gigi setiap 3 atau 4 bulan.

Kategori :