Owalah Ini Toh Alasan Sungai Serayu Begitu Istimewa di Jawa Tengah Sampai Disebut Sebagai Pembawa Keberkahan

Rabu 16-08-2023,21:39 WIB
Reporter : Dimas Adi Saputra
Editor : Dimas Adi Saputra

Memang tidak bisa dipungkiri kalau sebagian warga sekitaran sungai sangat bergantung pada aliran deras sungai ini. Secara umum aliran deras dari sungai ini digunakan untuk mengairi lahan sawah yang terletak berdekatan satu sama lain.

Adapun fakta menarik dari pengaliran sungai ini yang membuat Kabupaten Banjarnegara menjadi daerah penghasil perikanan air tawar terkaya.

Selain fungsinya sebagai pengairan lahan sawah, sungai ini juga menghasilkan pasir dan batu yang biasa ditambang warga guna dijual. Secara langsung pasir dan batu yang terdapat di sungai ini memberikan mata pencaharian yang bisa membantu perekonomian warganya.

BACA JUGA:Rumah Pengabdi Setan Kian Menyeramkan! Kisah Pa Ujang Seorang Warga Lokal Diteror 3 Hantu Sekaligus

3. Festival Serayu

Hal ini yang menjadi salah satu sokongan besar masyarakat Jawa Tengah menganggap sungai ini begitu istimewa.

Setiap 2 tahun sekali rutin dilaksanakan festival serayu untuk menghibur warga dengan menghadirkan serangkaian acara seru dan menyenangkan. Adapun acara yang seru dan menyenangkan meliputi bersih sungai, Banjarnegara Carnival, Parade Band, dan masih banyak lagi.

4. Merupakan Bendungan Jend. Sudirman

Alasan terakhir dari kenapa Sungai Serayu Begitu istimewa di Jawa Tengah karena perannya yang memasok air dalam jumlah besar uttuk disalurkan ke Waduk Mrica atau Bendungan Jenderal Sudirman yang berfungsi sebagai penghasil listri wilayah Jakarta-Bali.

Adapun bendungan tersebut memiliki panjang sekitar 6,5 Kilometer serta memiliki luas sekitar 1.250 Hektar yang fakta menariknya pernah menjadi bendungan terbesar se Asia Tenggara.

Sampai detik ini sistem pembangkit listrik tenaga air ini masih tetap beroperasi guna memenuhi kebutuhan listrik pada wilayah tersebut.

Jadi itulah 4 alasan yang dapat menjawab alasan kenapa Sungai Serayu begitu istimewa di provinsi Jawa Tengah. Semoga bermanfaat.***

Kategori :