Menurut Istilah Jawa, 4 Tipe Orang Ini Wajib Dihindari Dalam Kehidupan Sosial

Senin 14-08-2023,22:57 WIB
Reporter : Dimas Adi Saputra
Editor : Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL -  Mengulas istilah Jawa yang menurut orang Jawa mengharuskan kita menghindari 4 tipe orang yang cocok dengan istilah tersebut. Simak selengkapnya dibawah ini.

Sejatinya kita hidup di kehidupan bersosial selau dihadapkan dengan berbagai macam tipe orang yang pasti memiliki ciri dan karakternya masing-masing. Kita juga pasti akan nyaman apabila berteman atau menjalin hubungan dengan orang yang memiliki tipe atau sifat yang baik.

Dalam istilah Jawa ada penyebutan yang memberikan kita kriteria orang yang memiliki tipe atau sifat yang baik.

Jika bertemu dengan tipe orang yang buruk serta berwatak tidak baik pastinya akan sangat tidak menyenangkan dan merugikan kita jika berteman atau menjalin hubungan dengannya.

Untuk terhindar dengan tipe orang seperti itu, kami sudah menyiapkan informasi mengenai 4 tipe orang yang haru kamu hindari menurut istilah Jawa.

Dilansir dari video kanal YouTube: Keluarga Arif Com ID, menurut istilah Jawa inilah 4 tipe orang yang wajib kamu hindari dalam kehidupan sosial:

1. Esuk Dele, Sore Tempe

Maksud dari esuk dele, sore tempe ialah orang yang sudah berjansi untuk melakukan sesuatu pada kemudian waktu namun setelah waktunya tiba orang tersebut malah melakukan hal lain atau ingkar kepada janjinya sendiri. Terkadang orang yang memiliki sifat seperti ini sering membuat kita kesal apabila sudah berjanji kepada diri sendiri tetapi malah mengingkarinya.

Orang seperti ini memang sulit untuk ditebak arah tujuannya, bisa dibilang orang ini tidak konsisten dalam melakukan segala hal. Jika hidupnya sudah mengusik kesejahteraan kamu, maka harus hati-hati agar sifat buruk yang dimilikinya tidak menular kepada kamu.

2. Kakean Sambat

Sambat itu artinya mengeluh, sebenarnya mengeluh dalam kehidupan itu wajar tetapi jika terlalu banyak mengeluh itu namanya tidak wajar. Orang yang memiliki tipe atau sifat seperti ini patut kamu hindari karena bisa mengundang emosi kamu karena mendengar keluhan dari orang ini yang berlebihan.

BACA JUGA:Tiga Mitos Orang Jawa tentang Jodoh, Tidak Boleh Menikah dengan Wanita Cantik?

3. Tumbak Cucukan

Pasti makna dalam istilah Jawa tumbak cucukan sering kamu alami dalam hidup bersosial. Orang tipe ini akan meminta kamu memberikan solusi dan evaluasi pada setiap masalah yang sedang dialaminya. Jelas membangun hubungan dengan orang seperti ini hanya akan merugikan kamu karena sepanjang hidup kamu akan memprioritaskan permasalah yang sedang dihadapi orang tersebut serta memaksa kamu memberikan jalan keluar dari masalah yang dihadapi.

BACA JUGA:Ternyata Ini 10 Jenis Pangkon (Titik Kelemahan) Orang Jawa yang Patut Diwaspadai Jika Memiliki Salah Satunya

Kategori :