7 Jembatan Terpanjang di Dunia, Salah Satunya Mencapai 165,8 Kilometer

Senin 14-08-2023,22:39 WIB
Reporter : Sri Eka Cesaria Putri
Editor : Sri Eka Cesaria Putri

RADAR TEGAL - Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi semakin pesat dibuktikan dengan temuan dalam bidang infrastruktur. Dikarenakan hal tersebut, kondisi geografis sudah bukan jadi masalah mengingat bangunan jembatan mampu menghubungkan masyarakat yang berbeda lokasi bahkan pulau.

Ada beberapa jembatan yang dapat membelah lautan karena memang dibangun sangat besar dan panjang. Hal ini didukung oleh tuntutan geografis ataupun cuaca yang ada disekitarnya. Tidak hanya itu saja, bahkan beberapa jembatan ini berhasil masuk dalam rekor dunia.

Panjangnya beberapa jembatan di dunia mencapai ratusan kilometer. Bahkan ada yang memiliki waktu pembangunan tidak sampai dua tahun. Simak penjelasan di bawah ini!

7 jembatan terpanjang di dunia

  • Jembatan Danyang, China

Pada peringkat pertama jembatan terpanjang di dunia diraih oleh Danyang Bridge. Bangunan jembatan ini berhasil masuk Guiness Book of World Records yang memiliki panjang 165,8 kilometer. 

Selain dibuat sebagai jalan penghubung, jembatan ini juga digunakan sebagai penopang jalur kereta cepat yang menghubungkan Beijing dengan Shanghai. Hal menariknya, jembatan ini melewati sawah, danau dan sungai sehingga warga yang melewatinya akan menikmati pemandangan alam yang indah dan asri.

  • Jembatan Tianjin, China

Jembatan ini juga pernah masuk ke dalam Guiness Book of World Record pada tahun 2011 yang memiliki panjang total mencapai 113,4 kilometer. Jembatan ini difungsikan sebagai penghubung antara Lamfang dan Qingxian yang merupakan bagian dari Beijing-Shanghai. 

Jembatan ini dilalui oleh kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor. Tidak hanya itu saja, Tianjin Bridge juga dilalui oleh kereta api.

  • Jembatan Bang Na Expressway, Thailand

Di Asia Tenggara terdapat jembatan yang masuk ke dalam kategori jembatan terpanjang di dunia yang berada di Thailand dengan panjang 54 kilometer. Jembatan ini pernah memegang rekor jembatan terpanjang di dunia hingga tahun 2010. 

Bang Na Bridge berupa jalan yang memiliki panjang 54 kilometer membentang di atas jalan Tol Nasional 34. Maka dari itu, jembatan ini dikenal sebagai penyelamat karena mampu mengurangi kemacetan yang cukup parah.

  • Jembatan Lake Pontchartrain, Amerika Serikat

Jembatan ini dibangun sejak tahun 1955 yang sempat masuk Guinees Book of World Record sebagai jembatan terpanjang di dunia yang berdiri di atas air selama 60 tahun. Jembatan ini memiliki panjang 38,35 kilometer memiliki dua jembatan paralel yang menghubungkan kedua sisi Danau Pontchartrain. 

Jembatan ini dibangun dalam waktu yang cukup singkat sekitar 14 bulan, meskipun begitu jembatan ini tetap awet hingga kini.

  • Jembatan Manchac Swamp, Amerika Serikat

Jembatan ini menjadi jembatan yang mencekam di Amerika Serikat karena memiliki panjang mencapai 36,69 kilometer. Selain itu, jembatan ini dibangun di atas rawa-rawa yang cukup beresiko karena terkenal menjadi sarang buaya yang memakan banyak korban. 

Manchac Swamp berlokasi di Louisiana yang dibangun untuk menjadi jalur penghubung antara Negara bagian yakni Jalan Industri 55.

  • Jembatan Hangzhou Bay, China

Jembatan ini merupakan salah satu jembatan trans samudera terpanjang di dunia. Hangzhou Bay Bridge terbentang sepanjang 35,673 kilometer antara darat dan laut. Jembatan ini tercatat melintasi bagian Teluk Hangzhou di wilayah pesisir Timur China yang menghubungkan kota Jiangxi dan Ningbo di Provinsi Jiangxi. 

Kategori :