Bansos BLT PKH dan BPNT 2023 Cair Bulan Agustus, Berikut Cara Daftar Penerima Bansos Secara Online

Jumat 11-08-2023,21:33 WIB
Reporter : Suryatiningsih
Editor : Suryatiningsih

 

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Pada bulan   Agustus 2023   merilis    BLT   PKH dan   BPNT 2023   yang   akan cair di bulan   Agustus 2023 ini. Tujuan dari dari jenis bantuan tersebut tidak lain sebagai tindak lanjut program   penanggulangan kemiskinan agar   keluar   dari   kemiskinan.

Bantuan tersebut dapat disalurkan   kepada masyarakat yang membutuhkan   secara berkala melalui Kemensos, Bantuan BLT   PKH dan   BPNT 2023   bisa diperoleh, jika anggota   masyarakat rentan miskin.

 Atau   termasuk keluarga miskin terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial( DTKS) sebagai penerima bantuan.Sebelum penerima   bansos baik BLT   PKH dan   BPNT 2023   sebaiknya mengajukan diri kalau memang memenuhi semua persyaratan.

Atau ketentuan calon penerima manfaat dan jangan menyalahgunakan   kemudian bagaimana   cara daftar bansos 2023. Ada dua tahapan dalam pendaftaran bansos 2023 secara online   yaitu   pembuatan akun dan mengajukan diri ke    DTKS.

Pembuatan Akun

Sebelum   penerima bansos   menerima manfaat diwajibkan membuat akun melalui aplikasi   cek   bansos. Pastikan   unduh   aplikasi dari Play   Google atau   App Store pada perangkat smartphone   kemudian buka aplikasi cek bansos     dan membuat akun baru.

Tahap 1 Pembuatan Akun Baru

Pasti isi data diri kemudian nama lengkap tidak lupa nomor   Kartu   Keluarga, email, nomor   telephone dan lainnya   secara   lengkap. Buat Username   dan password Upload foto KTP dan Selfie yang sedang memegang KTP secara jelas Klik Buat Akun baru Pastikan email yang didaftarkan aktif karena nanti ada notifikasi pemberitahuan untuk   aktivasi. Aktivasi   penting agar bisa   menyetujui dan proses selanjutnya   ditindaklanjuti

Ajukan Diri Sebagai Penerima Bansos   ke DTKS

Sessudah   melakukan pembuatan akun di aplikasi cek bansos kemudian selannjutnya bisa   mengajukan diri sebagai penerima bansos 2023   melalui aplikasi   dengan langkah berikut:

Pastikan email   sudah terverikasi     dan aktivasi telah masuk Login memakai username    dan password sudah   didaftarrkan sebelumnya. Klik Daftar Usulan Pilih Tambah   Usulan Isi data   diri secara lengkap dan tepat Tidak   lupa pilih jenis PKH/BPNT Upload foto KTP dan rumah bagian depan dengan jelas kemudian konfirmasi   terus tekan bacaan Tambah usulan Klik Tambah Usulan

Tunggu   sebentar sistem sedang bekerja nanti pihak Kemensos akan mendata terus memproses data yang telah masuk. Berikutnya dicek   apakah data tersebut sudah masuk atau belum dan memastikan terdaftar atau tidak membuka kembali   aplikasi   cek bansos.

Cara   Cek Penerima BLT PKH dan BPNT 2023

Setelah   membuat akun kemudian mengajukan diri sebagai penerima bansos 2o23   berikutnya menunggu konfirmasi   dari Kemensos untuk mengecek menambahkan sebagai penerima bansos .

Saatnya melihat dan mengecek di aplikasi cek   bansos sebagai penerima atau tidak dengan cara sebagai berikut

1.      Akses link https://cekbansos.kemensos.go.id/

2.      Segera masukkan data yang dimintta mulai nama provinsi, Kabupaten,kecamatan   hingga   nama   desa

3.      Ketik nama penerima manfaat sesuai KTP

4.      Ketik 4 huruf kode pastikan tanpa spasi yang tertera dalam kotak   kode

5.      Bila huruf kurang jelas atau tidak mengerti klik icon refresh agar mendapatkan huruf kode yang   baru   dan   lebih   jelas

6.      Klik Cari Dat

7.      Tunggu sebentar akan muncul hasil pencarian apakah nama yang diinput   tersebut menjadi penerima bansos atau tidak .

Jika tidak muncul diartikan penerima   manfaat   belum memperoleh bantuan, sedangkan nama   muncul dalam daftar bisa diartikan penerima mendapatkan manfaat. Demikian tadi ulasan singkat membahas b ansos  BLT   PKH dan   BPNT 2023   cair bulan Agustus ini yang bisa jadi ada diantaranya   men b dapat bantuan segera cek.*

Kategori :