7 Tips Menghilangkan dan Merawat Pakaian yang Terkena Noda Jamur

Sabtu 05-08-2023,19:30 WIB
Reporter : Aditya Saputra
Editor : Aditya Saputra

RADAR TEGAL - Cara membersihkan bintik hitam pada pakaian yang disebabkan oleh jamur sebenarnya sangat mudah. Kalian bisa menggunakan bumbu atau bahan masakan yang ada di dapur.

Artikel ini akan memberikan 7 tips cara yang bisa kalian gunakan untuk membersihkan bintik hitam tersebut. Yuk, baca sampai selesai!

Memakai busana yang bersih dan wangi pasti akan membuat kalian merasa nyaman sepanjang hari. Sebaliknya, jika busana yang anda kenakan kotor, pasti akan membuat pikiran menjadi kacau.

Salah satu masalah umum yang sulit dibersihkan dari pakaian adalah bintik hitam. Bintik hitam ini biasanya muncul karena jamur yang tumbuh pada pakaian yang dibiarkan di tempat lembab.

Berikut radartegal.disway.id akan memberikan 9 tips membersihkan dan merawat pakaian yang terkena bintik jamur.

BACA JUGA:12 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh: Mengoptimalkan Kesehatan Mata hingga Menyehatkan Hati

1. Rendam dengan cuka

Untuk membersihkan bintik hitam pada pakaian dengan cepat, kamu bisa menggunakan cuka. Caranya mudah dan bisa kita lakukan di rumah.

Langkah pertama, siapkan cuka dan air hangat dalam sebuah ember atau bak kosong. Selanjutnya, masukkan pakaian yang memiliki bintik hitam ke dalam larutan cuka dan air tersebut. Biarkan selama 30 menit dan kemudian bersihkan kembali dengan sabun sampai bersih.

2. Rendam dengan larutan pemutih

Jika kamu memiliki busana dengan vlek jamur, siapkan larutan pemutih di ember atau bak.Selanjutnya, rendam busana yang memiliki bintik hitam ke dalam larutan pemutih.

Biarkan busana terendam di pemutih selama sekitar satu jam. Setelah itu, cuci busana hingga bersih dan terakhir, jemurlah busana tersebut.

3. Rendam dengan larutan sitrun dan air

Setelah itu, kamu bisa menggunakan metode membersihkan bintik hitam pada pakaian berwarna dengan sitrun. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuat larutan sitrun dan air.

Sitrun juga bisa digunakan untuk menghilangkan bintik hitam pada baju putih. Kamu tinggal menyiapkan larutan sitrun, air, dan sedikit sabun detergent. Lalu, bersihkan busana dengan larutan tersebut dan cuci hingga bersih.

BACA JUGA:4 Cara Praktis Mengobati Penyakit Amandel: Redakan Nyeri Tenggorokan dengan Mudah

4. Pakai soda kue

Cukup rendam busana dengan cairan soda kue dan tambahkan sedikit detergent.Kemudian, biarkan beberapa saat sebelum mencucinya sampai bersih. Langkah ini cukup efektif jika digunakan dengan benar untuk busana yang terkena vlek jamur.

5. Jemur pakaian sampai kering

Pakaian yang memiliki bintik hitam biasanya disebabkan oleh jamur. Jamur akan muncul jika kain tetap lembab dan tumbuh di atasnya.

Oleh karena itu, untuk mencegah timbulnya bintik hitam, sebaiknya kamu menjemur busana sampai benar-benar kering.

6. Menggunakan larutan lemon

Jika kamu bingung cara membersihkan bintik hitam pada pakaian putih, cukup menggunakan larutan lemon. Siapkan larutan lemon dan oleskan di area busana yang berbintik hitam.

Selanjutnya, biarkan selama sekitar 60 menit atau satu jam. Setelah itu, cuci busana dengan air bersih sampai larutan lemon hilang.

BACA JUGA:Kocak! 10 Kuliner Khas Indonesia Ini Memiliki Nama yang Unik, Mulai dari Nasi Kentut sampai Kue Peler Bedebu

7. Pakai air panas

Cara mudah untuk membersihkan bintik hitam pada pakaian selanjutnya adalah dengan menggunakan air panas.

Kamu bisa merendam busana di air panas yang telah dimasukkan ke dalam wadah. Setelah itu, biarkan sebentar dan bersihkan busana sampai benar-benar bersih.

Itulah cara sederhana membersihkan dan merawat pakaian dari bintik hitam . Temukan banyak informasi tips dan trik lainnya, hanya di radartegal.disway.id, semoga bermanfaat.(*)

Kategori :