5 Mitos Malam Jumat yang Masih Ada di Masyarakat, Nomer 3 Bikin Merinding

Kamis 03-08-2023,22:12 WIB
Reporter : Khikmah Wati
Editor : Khikmah Wati

RADAR TEGAL - Kamis malam atau malam Jumat menjadi salah satu hari penuh mitos di masyarakat kita. Beberapa di antaranya mungkin masih kamu percaya dan jalani sampai saat ini.

Kebanyakan mitos malam Jumat terkait dengan berbagai hal yang berbau mistis dan klenik. Tidak jarang, hal-hal tersebut kemudian dikaitkan dengan dunia supranatural.

Bagi masyarakat Jawa, malam Jumat memang menjadi salah satu hari yang sakral dan tidak boleh dianggap main-main. Para orang tua juga terbiasa berpesan pada anak-anaknya untuk lebih menjaga sikap di hari itu.

Lalu, apa sebenarnya 5 mitos malam Jumat yang masih ada di masyarakat saat ini? Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui jawabannya. 

1. Saatnya melakukan ritual

Di kalangan masyarakat Jawa, banyak yang percaya jika malam Jumat adalah waktu yang sangat tepat untuk melakukan ritual. Terutama bagi penganut kepercayaan yang kerap menjalankan ritual tertentu.

Banyak yang percaya, melakukan ritual tertentu di malam Jumat lebih bisa mendatangkan manfaat dan keberuntungan dibanding hari lainnya.

BACA JUGA:8 Mitos di Jawa tentang Pemakaman Bikin Merinding, Nomer 4 Terkait Perawan

2. Jangan bepergian di malam Jumat

Sebagian masyarakat percaya, bepergian di malam Jumat bukan sesuatu yang baik. Karena, aktivitas supranatural sedang tinggi.

Sehingga mereka rela menunda kepergian di malam Jumat hingga esok harinya. Mereka percaya jika memaksa bepergian di malam Jumat akan berakibat tidak baik pada pelakunya.

3. Hantu akan lebih aktif di malam Jumat

Ini adalah mitos yang paling membuat merinding. Pasalnya, sebagian masyarakat percaya bahwa roh atau mahluk halus akan bangkit dan lebih aktif di malam Jumat.

Banyak yang meyakini jika seseorang bisa mendapatkan kesialan ataupun keberuntungan atas perilakunya di malam Jumat. Karenanya, mereka akan lebih berhati-hari saat malam tersebut.

4. Saat untuk bersemedi

Kategori :