Berburu Embun Upas Dieng, Saat Suhu Udara Capai Minus 1,5 Derajat Celsius Mirip Salju Negeri Eropa

Rabu 02-08-2023,18:29 WIB
Reporter : Suryatiningsih
Editor : Suryatiningsih

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Musim  salju yang terjadi di negara-negara Eropa bisa menyaksikan hamparan  kristal-kristal  warna putih indah mempesona. Padang  rumput, tanaman tertutup salju dan kalau ingin melihat salju seperti di Eropa tidak perlu jauh-jauh pergi ke negeri  Eropa Indonesia juga punya yaitu Dieng Banjarnegara.

Dataran tinggi Dieng salah satu wilayah Indonesia yang kerap menjadi langganan embun beku atau embun upas. Saat musim kemarau yang   jatuh pada   bulan Juni-September setiap tahunnya   menjadi   moment mengasyikkan berburu   embun   upas   lantaran suasananya   mirip musim salju di negara Eropa.

Embun Beku   Di Kawasan Dataran Tinggi Dieng

Keindahan embun beku di Dieng tidak kalah dengan musim salju di negara-negara yang memiliki empat musim seperti Eropa. Pemandangan menajubkan akan tersaji indah menghiasai kawasan komplek Candi yang terletak di area Desa wisata Dieng Kulon  Banjarnegara, Jawa Tengah

Kawasan dataran tinggi Dieng dikenal pemandangan yang menawan apalagi saat   kemarau datang   biasanya Dieng kerap langganan embun upas. Fenomena bun upas atau embun beku menjadi   peristiwa langka dan unik seperti salju di negeri Eropa

Berburu   Embun Beku   Di Dieng  

Fenomena embun upas yang tengah terjadi pada musim kemarau bulan Juni-September   di kawasan dataran tinggi Dieng siapapun penasaran. Negara Indonesia              merupakan negara tropis, tetapi peristiwa   langka   berupa   fenomena alam    embun upas salah satunya di Dieng tentu   membuat takjub.

Seperti   terjadi   di area Dieng   belum lama ini di bulan Juli   tengah   dilanda fenomena   alam embun   es.Suhu   udara ada di   kawasan komplek Candi Arjuna dan sekitar yang biasa langganan bun upas mencapai   3,5 derajat celsius.

Embun Es Terjadi   Selama Sepekan

Memasuki   akhir Juli 2023, jelang bulan   Agustus   2023 suhu udara di kawasan Dieng, Banjarnegara    makin menurun mencapai 1.27 derajat celcius. Kondisi cuaca maupun suhu   yang   makin rendah   terkadang 0   derajat   celsius, bahkan   lantaran begitu   dinginya cuaca.

Fenomena   embun es    di komplek candi Dieng   sudah terjadi 6 kali   dalam sepekan berturut-turut di   pagi hari   kemudian embun ke-11 tahun 2023. Keadaan demikian justru Dieng didatangi banyak wisatawan lebih   dari sebelumnya  

Biasanya saat   weekend 7 ribu sampai 8 ribu hingga sekarang sudah mencapai   10.570 wisatawan. Fenomena   embun beku   menjadi daya tarik   wisatawan mendorong mereka   berkunjung ke kawasan Dieng yang   masih   penasaran tentang embun es seperti negara Eropa.

Kondisi seperti demikian sejumlah wisatawan rela mendatangi lokasi   tidak lain hanya   untuk berburu embun beku sejak pagi buta . Hawa dingin yang menyelimuti kawasan Dieng terlebih lagi kerap langganan   fenomena embun es mengharuskan memakai jaket tebal.

 Wisatawan dengan mengenakan sarung tangan, penutup kepala dan pakaian hangat.Antusias dan tampak begitu gembira   melihat   dari dekat  dan mengabadikan memakai kamera foto atau   kamera video.

Dataran Tinggi   Dieng   Suhu   Rendah Efek Tipografi   dan Ketinggian

Dieng terletak di dataran tinggi yang memiliki tifografi   dan ketinggian yang berbeda dari daerah lain.Biasanya dataran yang tinggi suhu   udara   rendah   hingga menggigil seperti di Dieng di Banjaregara kemudian letak daerah di atas    2000 mdpl

Kondisi  demikian membuat udara dan cuaca dingin sehingga embun beku pun muncul sampai suhu pernah mencapai 0   derajat celsius saat musim kemarau. Dataran   tinggi dibentuk   oleh gunung api dan   lembah yang akhirnya menciptakan pola udara   berbeda   dampaknya   udara lebih dingin. *

 

Kategori :