Kenali Prasasti Jawa Periode Abad 15 Candi Cungkuh Karanganyar Diyakini Memiliki Kekuatan Magis

Selasa 01-08-2023,15:28 WIB
Reporter : Ferdinan Alamsyah
Editor : Ferdinan Alamsyah

 

Bersiaplah untuk terpesona oleh cerita menarik di balik piagam kerajaan yang tak ternilai ini.

 

Pengetahuan tentang Prasasti Jawa memang menarik. Mari kita mulai perjalanan kita dalam mengungkap keunikan dan nilai sejarah dari Prasasti Jawa Periode Abad 15 Candi Cungkuh Karangayar, Jawa Tengah.

 

Prasasti Jawa

 

Prasasti Jawa adalah peninggalan budaya berharga yang ditemukan di Indonesia. Tulisan-tulisan ini terdapat pada media batu, logam, daun lontar, dan kertas. 

 

Secara umum, prasasti terdiri dari piagam kerajaan yang dikeluarkan oleh raja atau pejabat berwenang. Isinya dapat berupa mantra, ketetapan hukum, atau penetapan sebidang tanah menjadi sima atau daerah perdikan untuk menghindari pungutan kerajaan, termasuk pajak.

 

Prasasti memiliki peran ganda sebagai dokumen hukum dan sarana magis religius. Bagian dari prasasti yang berhubungan dengan perintah raja yang berlaku sebagai hukum memberikan kekuatan hukum pada piagam tersebut. 

 

Disamping itu, ada simbol-simbol kerajaan yang juga memperkuat aspek hukum dari prasasti. Pelanggaran terhadap isi prasasti dapat mengakibatkan denda material, seperti pembayaran emas dan perak.

 

Sisi Magis Religius Prasasti

Kategori :