Indahnya Toleransi, Ini Dia 5 Kampung Islam di Bali yang Tersembunyi

Rabu 26-07-2023,22:00 WIB
Reporter : Ailsa Zevaulima Dilivia
Editor : Ailsa Zevaulima Dilivia

Kampung Gelgel merupakan kampung muslim tertua di Bali yang sudah ada sejak awal abad ke-14. Tentu saja, masjid tertua di Bali yang bernama Masjid Nurul Huda berada di kampung ini. 

Dulunya, pegawai muslim yang mengiringi Dalem Waturenggong membangun masjid tersebut sepulang dari Majapahit. Selain itu, terdapat juga tradisi unik Mengibung di kampung ini, yaitu makan bersama saat buka puasa bersama pada bulan Ramadhan. 

BACA JUGA:Bukan Cuma Bli dan Gek, Ini Jenis Sapaan antar Masyarakat Bali Beserta Artinya

4. Kampung Pegayaman, Buleleng

Dalam Babad Buleleng, kemenangan penguasa Singaraja melatarbelakangi berdirinya kampung muslim ini. Uniknya, nama warga kampung ini merupakan kombinasi Bali dan Islam seperti Ketut Abdul Karim. 

Hal ini terjadi karena ada lima desa penganut Hindu yang mengelilingi kampung ini, yaitu Silangjana, Pegadungan, Gitgit, Wanagiri, dan Pancasari. Meskipun begitu, nuansa Islam kampung ini masih terasa kental karena banyak anak kecil berpeci dan wanita berkerudung dengan kebaya khas setempat. 

5. Kampung Jawa, Denpasar

Sesuai dengan namanya, kampung ini konon tempat domisili para prajurit Jawa yang berjuang bersama pejuang Bali dalam Perang Puputan Badung. Selain itu, kampung muslim ini sangat ramai dikunjungi, terutama saat bulan puasa, karena berlokasi di pusat Bali. 

Masjid utama di kampung ini adalah Masjid Baiturrahman yang telah berdiri sejak tahun 1926. Masjid tersebut menjadi simbol toleransi beragama masyarakat antara umat Hindu dan muslim. 

Demikian informasi mengenai beberapa kampung Islam di Bali yang mayoritas beragama Hindu. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin tahu tentang kampung unik di Indonesia.***

Kategori :