5 Fakta Unik Kabupaten Banyuwangi, Masternya Santet Sakti Indonesia

Rabu 26-07-2023,21:00 WIB
Reporter : Ailsa Zevaulima Dilivia
Editor : Ailsa Zevaulima Dilivia

RADAR TEGAL - Kabupaten Banyuwangi tidak hanya terkenal karena destinasi wisata yang eksotis, tetapi juga julukannya sebagai Kota Santet. Daerah tersebut memang kental dengan hal mistis. 

Banyak orang berbondong-bondong datang ke Kabupaten Banyuwangi untuk menyewa jasa dukun santet atau memperoleh kekuatan gaib. Bahkan, Banyuwangi juga mempunyai beberapa daerah angker, termasuk Alas Purwo. 

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Santet dengan Mudah Menurut Syekh Ali Jaber, Gangguan Guna-guna Langsung Pergi

Meskipun terkenal angker, Kabupaten Banyuwangi justru menarik minat tak terduga hingga pernah diangkat menjadi film layar lebar berjudul KKN di Desa Penari pada 2022 lalu. Lokasi syuting film tersebut tepatnya berada di Rowo Bayu, Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. 

Pada kesempatan kali ini, radartegal.disway.id akan mengajak Anda untuk mengenal salah satu daerah unik yang ada di Indonesia, tepatnya di Provinsi Jawa Timur. Melansir dari kanal youtube Larasati Channel berikut informasi mengenai 5 fakta unik Kabupaten Banyuwangi

BACA JUGA:Hati-Hati! Harus Jaga Sikap Jika Berkunjung ke 7 Candi Paling Mistis di Indonesia

5 Fakta dan misteri Banyuwangi

1. Banyuwangi Kota Santet

Tidak hanya terkenal dengan jargon "cukup Rp5.000 saja sudah bisa pesan santet", Banyuwangi kerap lekat dengan praktik perdukunannya. Bahkan, teluh atau santet sudah jadi hal yang lumrah. 

Julukan tersebut semakin membumbung ketika terjadi tragedi pembantaian dukun santet pada 1998 lalu. Mereka dicurigai menyebarkan santet untuk orang-orang alim dan masyhur saat itu. 

2. Tempat angker se-Indonesia

Alas Purwo sebenarnya merupakan cagar alam yang menjaga ekosistem utuh hewan-hewan di Pulau Jawa, termasuk hewan buas. Namun, tempat ini juga menjadi spot angker di Banyuwangi. 

Hutan tersebut konon dihuni oleh kerajaan gaib dan dijadikan tempat semedi ilmu hitam. Bahkan, masyarakat setempat percaya bahwa sekali masuk ke tempat tersebut, mereka tidak akan bisa keluar selamanya. 

BACA JUGA:Eksplorasi Keindahan Tari Rampak Gedruk Buto, Perpaduan Mistis Tradisional yang Memikat

3. Penari Gandrung

Kategori :