10 Sungai Paling Kotor dan Menjijikan di Dunia, Ada yang Sudah Dipenuhi Ribuan Ton Sampah

Selasa 25-07-2023,15:24 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Dayu Mila

Salah satu kontaminan paling mempengaruhi kondisi air ini adalah limbah kimia yang dibuang oleh berbagai perusahaan perminyakan. 

Alhasil, sepanjang 64 kilometer sungai ini beraroma zat beracun. Herannya, usaha untuk membersihkan sungai yang dicanangkan oleh pemerintahnya ini tidak mendapat dukungan penuh dari warganya.

Eropa

7) Sungai Sarno

Sungai yang paling tercemar ini datang dari Eropa, yaitu Sungai Sarno. Sungai ini dikenal sebagai sungai Sarnus oleh orang Romawi Kuno. 

Selain itu, Sungai Sarno ini memang terkenal sungai paling kotor di seluruh wilayah Eropa. Meskipun sebagian besar sungai ini sudah tercemar oleh limbah industri, namun masyarakat masih tetap menjadikan sungai ini untuk transportasi dan perikanan.

Israel

8) Sungai Jordan

Sungai terkotor di dunia berikutnya ini dulunya menjadi tempat pariwisata. Sayangnya, warga Israel yang tinggal disepanjang sungai membuang limbah ke sungai ini.

BACA JUGA : Ada Amazon di Indonesia? Ini Sungai Maron yang Indahnya Memanjakan Mata

Per tahunnya saja aliran air Sungai Jordan mencapai 1,3 miliar meter kubik, namun kini hanya tersisa 20-30 juta kubik yang mengalir ke Laut Mati.

Filipina

9) Sungai Marilao

Sungai Marilao di Manila, Filipina ini menjadikannya sungai tercemar di dunia berikutnya, sebab kebiasaan masyarakatnya yang membuang sampah sembarangan ke sungai.

Alhasil, permukaan sungai Marialo penuh dengan limbah rumah tangga seperti, botol plastik, sandal karet, serta styrofoam. Seperti yang diketahui, jenis sampah tersebut termasuk 3 sampah yang tidak bisa didaur ulang.

Indonesia

Kategori :