10 Sungai Paling Kotor dan Menjijikan di Dunia, Ada yang Sudah Dipenuhi Ribuan Ton Sampah

Selasa 25-07-2023,15:24 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Dayu Mila

3) Sungai Buriganga

Tepatnya berada di Kota Dhaka, Sungai Buriganga termasuk sungai terkotor di dunia. Dahulu pada 1600an, sungai ini menjadi jalur perdagangan yang tidak pernah sepi transaksi jual beli. 

Bahkan dulunya sungai ini juga menjadi sumber air minum bagi seluruh warga kota Dhaka, Bangladesh. 

Namun, kini sungai Buriganga sudah tercemar akibat limbah kimia, palstik, minyak, hingga limbah rumah tangga. Berdasarkan laporan, setiap harinya bahkan sudah ada sekitar 4.500 ton sampah dibuang ke sungai ini.

Cina

4) Sungai Kuning

Sungai terkotor di dunia selanjutnya yaitu Sungai Kuning di Cina yang merupakan sungai terpanjang kedua di Asia.

Letaknya strategis di sekitaran industri pabrik, sehingga membuat sungai ini lama-lama tercemar oleh limbah industri tersebut.

BACA JUGA : Legenda Sungai Serayu di Banjarnegara, Mitosnya Terbuat dari Air Pipis Bima

Pada 1996, Sungai Kuning ini sudah tercemar limbah industri sebanyak 4,29 miliar ton. Hal ini membuat sepertiga dari air Sungai Kuning sudah tidak layak untuk dikonsumsi manusia.

Amerika

5) Sungai Mississipi

Sungai yang paling kotor di dunia ini datang dari benua Amerika. Kelompok pecinta lingkungan lokal bernama Environment Missouri, memberikan laporan bahwa sungai ini sudah tercemar oleh limbah beracun.

Limbah tersebut merupakan bahan kimia seperti nitrat, benzena, dan arsenik sebesar 12,7 juta pon. Padahal, Sungai Mississippi ini adalah jantung kota di Amerika Serikat. 

6) Sungai Matanza-Riachuelo

Sungai Matanza berada di posisi ketiga sebagai sungai paling tercemar dan terkotor di dunia. 

Kategori :