Fenomena Unik Embun Upas Dataran Tinggi Dieng, Puncak Di Bulan Agustus dan Ini Waktu Terbaik Melihatnya

Senin 24-07-2023,17:27 WIB
Reporter : Suryatiningsih
Editor : Suryatiningsih

RADARTEGAL.DISWAY.ID -Musim kemarau tiba sejumlah  wilayah Indonesia mengalami cuaca dingin. Fenomena unik embun upas dataran tinggi Dieng kerap terjadi pada musim kemarau setiap tahunnya.

Hal itu terlihat  saat pagi hari, tanaman diselimuti  embun yang membeku. Menurut Kepala Stasiun Meteorologi  Ahmad  Yani Semarang Sutikno menyebutkan bahwa embun upas atau frost.

Adalah butiran es  yang  muncul  di permukaan  dan berbeda dengan  salju ada di negara empat musim. Embun beku  muncul butiran es   di permukaan, sedangkan salju terbentuk sebagai  partikel presipitasi di atmosfer

Fenomena unik embun upas biasanya  terjadi pada saat musim kemarau sekitar bulan Juni-September. Namun, kemungkinan lain dalam beberapa kasus kemudian embun upas muncul sejak bulan Mei

Penyebab Embun  Upas

Fenomena unik embun upas dataran tinggi Dieng di Banjarnegara  ada beberapa penyebab dari kelembaban udara.  Atau  bisa juga tekanan udara sampai akhirnya terjadi penurunan udara.

Hal menarik  fenomena embun upas lantaran adanya tekanan udara di benua  Australia  pada bulan Juni-Agustus mengalami kenaikan. Berbeda di daratan Asia justru terus menurun sehingga muncul angin muson berasal dari Benua Australia pertanda musim kemarau

Selain tekanan udara  penyebab lain  dari embun upas  berasal dari penurunan suhu yang ekstrim. Kondisi tersebut  memicu embun menyelimuti permukaan  dan tanaman membeku. Kelembaban udara  tinggi di dataran tinggi juga bisa sumber munculnya  embun upas.

BACA JUGA:Asal Usul dan Sejarah Unik Tentang Desa Kandang Sapi di Kabupaten Sragen

Kelembaban udara lebih tinggi dari dataran rendah  biasanya  kadar air tinggi kemungkinan besar embun upas  akan muncul. Dataran tinggi Dieng terletak 2000 mpdl tentu kadar air juga  cukup tinggi cuaca dingin dan berkabut.

Keadaan cuaca yang dingin selalu  berkabut  di dataran tinggi Dieng biasanya menjadi langganan efek embun upas.  Saat musim kemarau  bulan Juni-Agustus ini suhu udara di kawasan Dieng mengalami  titik beku hingga 0  derajat celcius .

Tanda  lain munculnya embun beku atau terkenal dengan sebutan Bun Upas biasanya diawali kabut tebal diiringi  hawa dingin yang menusuk kulit,  Hawa  dingin menyelimuti kawasan ini sekitar  jam 04.00-05.00 pagi kemudian dari keadaan cuaca dingin tersebut .

Muncul embun beku  atau bun upas  di waktu pagi yang terlihat pada rerumputan, daun sampai kendaraan pun diparkir komplek  candi tidak luput  embun beku. Air botol air ikut membeku seperti es karena  hawa begitu dingin  di kawasan Dieng.

Waktu Terbaik Melihat Embun Upas                                                                                       Fenomena unik embun upas dataran tinggi Dieng di Banjarnegara  memang khas dan tidak biasa. Oleh  karena  itu peristiwa langka seperti berada  di Eropa  yang hanya disaksikan di Dieng perlu dilihat  secara langsung.

Waktu terbaik melihat embun upas atau bun upas pada pagi hari  sebelum matahari terbit sekitar 05.30. Lokasi  yang tepat  melihat ubun upas di  kompleks  candi . Meski demikian  kemunculan uban upas tidak pasti kadang lebih awal dari sebelumnya  terlihat bulan Mei.

BACA JUGA:Kampung Unik Desa Kemiri Temanggung, Desa Pluralitas Di Lereng Gunung Sindoro Junjung Tinggi Toleransi

Cari  info terkait  seputar fenomena tersebut dari media sosial antara lain Instagram@dieng,travel.  Atau bisa juga lewat akun Instagram@pesonabanjarnegara. Kemudian beberapa akun Instagram ini biasanya memberi informasi update mengenai fenomena unik  embun beku Dieng.

Hal lain waktu terbaik menyaksikan bun upas memperhatikan kondisi cuaca pada malam harinya. Saat malam hari cuaca  cerah kemudian tidak angin dipastikan pada keesokan harinya  akan muncul embun upas.

Pakai Pakaian Tebal dan Sarung Tangan

Tidak hanya memperhatikan   cuaca saja, tetapi pakaian pun penting disesuaikan dengan kondisi  setempat.  Pastikan pakaian tebal atau mantel kemudian tidak lupa kaos kaki dan sepatu, karena diketahui suhu udara sangat  dingin

Kawasan Dieng saat terjadi embun  beku  berada di bawah 0 derajat celsius. Demikian tadi pembahasan singkat fenomena unik embun upas dataran tinggi Dieng di Banjarnegara. Ketika musim kemarau datang  suasana  dingin muncul embun  beku seperti  di negeri Eropa.*                                                   

Kategori :