5 Jenis Senjata Tradisional Rencong Khas Aceh, Nomor Dua Paling Mewah

Kamis 20-07-2023,22:00 WIB
Reporter : Ailsa Zevaulima Dilivia
Editor : Ailsa Zevaulima Dilivia

Ciri khas rencong ini adalah terbuat dari bahan yang beragam, seperti mata rencong yang terbuat dari logam, gagang rencong dari tanduk kerbau, dan sarung rencong dari kayu. Bentuk rencong ini sangat unik dan sedikit berbeda dari jenis yang lainnya.

BACA JUGA:Takut Banget Loh! 5 Suku di Indonesia Ini Paling Ditakuti Negara Asing

4. Rencong meukuree

Rencong ini mempunyai kuree (motif atau guratan) alami yang membentuk ornamen seperti gambar hewan, akar kayu, dan bunga di bagian mata pisaunya. Kuree tersebut tercipta selama proses pembuatan rencong dan jumlahnya akan berbeda-beda sesuai dengan usia dari rencong tersebut. 

Biasanya, rencong yang berusia tua jumlah kuree-nya lebih banyak daripada rencong yang baru dibuat. Uniknya, banyak orang percaya bahwa kuree ini memiliki kekuatan magis layaknya pamor pada keris Jawa.

5. Rencong pudoi

Pudoi berarti 'menengah atau biasa' karena rencong ini wujudnya belum sempurna dengan gagang lurus dan pendek tanpa lekungan. Rencong ini tercipta setelah Belanda melarang penggunaan rencong oleh orang-orang Aceh. 

Masyarakat Aceh pun mengelabui peraturan Belanda tersebut dengan cara mengubah bentuk rencong meucugek ke bentuk lain, yaitu rencong pudoi. Dengan perubahan bentuk tersebut, orang Aceh tetap bisa memakainya tanpa ketahuan oleh orang Belanda, kecuali jika diperiksa seluruh badannya.

Demikian informasi mengenai 5 jenis senjata tradisional rencong. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui warisan budaya Indonesia berupa senjata tradisional.***

Kategori :