Fakta Menarik dan Sejarah Penemuan Kertas, Berperan Penting dalam Peradaban Manusia

Selasa 18-07-2023,10:43 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Dayu Mila

radartegal.disway.id – Artikel kali ini akan mengulas fakta menarik kertas, sejarah penemuan kertas, serta peran penting kertas dalam kehidupan manusia. Media penulisan satu ini ternyata salah satu inovasi yang mengubah peradaban manusia, lho.

Fakta menarik kertas, sejarah penemuan kertas, dan peran penting kertas ini masih belum banyak yang tahu. Terlebih lagi kini sudah memasuki era digital, dimana semua hal termasuk kegiatan manusia sudah hampir seluruhnya digital.

Melansir dari kanal YouTube Ruang Sejarah pada Selasa, 18 Juli 2023, berikut ini fakta menarik kertas, sejarah penemuan kertas, serta peran penting kertas dalam kehidupan. Sangat berdampak pada dunia pendidikan!

Sejarah awal

Sejarah awal mula penemuan kertas ini pertama kali di Tiongkok kuno, yang mana pada abad ke-2 SM, seorang pria bernama Cai Lun mengembangkan teknik pembuatan kertas. Ia menggunakan serat tanaman bahan tambahan seperti kulit ikan. 

BACA JUGA:Mengungkap 7 Fakta dan Mitos Seputar Uban, Dicabut Bikin Nambah Banyak?

Proses ini dengan merendam serat-serat tersebut di dalam air, pemadatan, dan pengeringan. Hal ini menciptakan inovasi ini yang menghasilkan bahan baru yang revolusioner yang dikenal sebagai kertas.

Proses pembuatan

Untuk proses pembuatan kertas tradisional menggunakan sejumlah langkah yang cermat. Bahan baku seperti serat kayu maupun serat tanaman lainnya, direndam di dalam air untuk memisahkan serat-seratnya. 

Serat-serat itu nantinya akan diolah menjadi pulp dan dicampur air. Kemudian, campuran itu dipindahkan ke mesin kertas, yang mana pulp ditekan, dikeringkan, dan digulung menjadi lembaran kertas.

Peran kertas untuk manusia

Kertas berperan penting dalam peradaban manusia, utamanya dalam media penulisan. Kertas telah membantu penyebaran ilmu pengetahuan dan pemikiran dari generasi ke generasi. 

Tidak hanya itu, kertas juga menjadi landasan penting dalam industri penerbitan dan percetakan. Sebab, memungkinkan penyebaran buku, surat kabar, dan majalah ke seluruh dunia. 

Media penulisan satu ini juga berperan penting tentunya dalam pendidikan dan ilmu pengetahuan, memberikan tempat bagi penelitian, eksperimen, dan dokumentasi.

Kertas di era digital

Kategori :