5 Pola Makan Untuk Mencegah Uban Muncul

Selasa 18-07-2023,06:00 WIB
Reporter : Sosa Kinsty
Editor : Sosa Kinsty

RADARTEGALONLINE - Penampilan sangat penting bagi setiap orang, mulai dari rambut sampai ke kaki. Salah satu masalah yang terjadi sekarang adalah masalah rambut yang tumbuh uban pada usia dini. 

Tumbuhnya uban yang cepat itu bisa terjadi karena genetik atau faktor kekurangan nutrisi tertentu. Oleh karena itu kita harus bisa menjaga pola makan yang benar. 

Kami akan membagikan 5 pola makan untuk mencegah uban yang muncul terlalu cepat. Berikut 5 pola makan yang harus kalian ketahui.

5 Pola makan untuk mencegah uban muncul terlalu cepat

1. Cukupi kebutuhan kalsium

Kalsium punya peran penting untuk tubuh. Selain menyehatkan tulang, kalsium juga membantu menjaga kesehatan sistem saraf, jantung, dan otot. Kalsium utamanya didapat dari konsumsi produk dairy seperti sayuran berdaun hijau, sereal yang difortifikasi, dan ikan.

Usahakan mengonsumsi sumber kalsium 3 porsi setiap hari. Usia dewasa umumnya membutuhkan kalsium harian hingga 1000 mg.

 

2. Mengasup sumber tembaga

Kekurangan mineral tembaga bisa mengganggu produksi energi di seluruh tubuh, mempengaruhi sel darah, dan jaringan ikat. Selain itu, tembaga juga berperan membantu metabolisme zat besi dalam tubuh dan menciptakan sel darah baru.

Fungsi lainnya, tembaga berperan dalam produksi melanin. Karenanya penting mencukupi kebutuhan harian akan mineral tembaga. Kamu bisa mendapatkannya dari kacang tanah, almond, hati sapi, daging kepiting, hingga jamur putih.

 

3. Mengonsumsi makanan sumber zat besi

Pada orang yang ubannya muncul lebih awal, biasanya kadar zat besi mereka juga rendah. Zat besi sendiri berperan penting dalam produksi hemoglobin dalam sel darah. Hemoglobin punya peran membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Kebutuhan zat besi bisa dicukupi dengan mengonsumsi daging merah, sayuran hijau, jeroan, ikan, seafood, dan kacang-kacangan. Bagi pelaku vegan atau vegetarian, jangan lupa juga mengonsumsi makanan vitamin C pada saat yang sama karena membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi.

Kategori :

Terkait