Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan, Ampuh dan Berkhasiat Obati Berbagai Penyakit

Minggu 16-07-2023,18:57 WIB
Reporter : Suryatiningsih
Editor : Suryatiningsih

Tegal,radartegal.disway.id -Daun binahong salah satu obat herbal yang sering digunakan mengobati berbagai penyakit seperti luka, diabetes hingga masalah kecantikan. Nutrisi yang ada didalamnya  memberi efek baik untuk kesehatan dan itulah manfaat daun binahong untuk kesehatan

Alkoloid, polifenol, flavonoid hingga antioksidan dan betakarotein adalah beberapa senyawa aktif terdapat pada binahong. Dari senyawa tersebut   mempengaruhi kesehatan tubuh membuat lebih    sehat   dan segar.

Manfaat Dau n Binahong untuk Kesehatan

Ambein

Salah satu manfaat daun  binahong untuk  kesehatan,adalah mengatasi ambein dan kandungan yang terkandung di dalamnya mempunyai kemampuan mengobati ambein. Caranya mudah rebus daun binahong terus minum air rebusannya secara rutin supaya mendapat hasil maksimal.

Tingkatkan Tekanan Darah

Manfaat lain dari binahong mampu meningkatkan tekanan darah. Bagi penderita tekanan darah rendah atau anemia, maka perlu minum rebusan air dari daun ini tingkat tekanan darah menjadi stabil.

Obat Luka Bakar

Manfaat binahong yang lain dapat mengobati luka bakar yang aman. Zat saponin yang terdapat dalam tanaman ini   bisa sebagai antiseptik bermanfaat menyembuhkan luka dan mencegah infeksi bakteri.

  Bukan hanya sebagai antiseptik, tetapi juga mengurangi peradangan, karena flavonoid yang ada dalam binahong. Kemudian juga mengecilkan pori-pori kulit luka adanya tanin di dalamnya.

Obat Asam Urat

Manfaat lain dari daun binahong sebagai obat asam urat, alasannya favonoid mampu menghambat pembentukan asam urat. Kemudian dalam air rebusan daun ini juga bisa menurunkan purin penyebab asam urat.

Cegah Risiko Diabetes

Kelebihan kadar gula dalam darah bisa sebabkan komplikasi, maka penting pengobatan dengan komsumsi rebusan daun umtuk turunkan kadar gula dalam darah.

Zat steroid, flavonoid dapat dan kumarin dapat   menyerap gula dalam usus kemudian meningkatkan produksi insulin. Komsumsi daun binahong secara teratur   kadar gula secara   alami tanpa efek samping.

Bersihkan Komedo

Manfaat daun binahong yang lain memberi kemampuan membersihkan komedo membandel. Komedo kerapkali membuat tidak percaya diri, maka mengatasinya dengan menggunakan daun binahong.

Cara mengatasi komedo   mudah ambil secukupnya daun binahong dan cuci sampai bersih terus rebus   hingga mendidih.   Selanjutnya gunakan air rebusan untuk mencuci muka kemudian hasil maksimal dapat menggunakan tiga kali dalam sehari.

Obat Jerawat

Hal menarik daun binahong mampu mengobati jerawat dengan aman dan cepat.Caranya mudah ambil daun binahong yang masih muda kemudian cuci sampai bersih.

Selanjutnya tumbuk sampai halus dan gunakan sebagai masker selama 10 menit, berikutnya setelah masker kering bilas dengan air sampai bersih.

Haluskan Kulit Wajah

Salah satu manfaat daun binahong dapat menghaluskan kulit wajah secara alami. Caranya mudah cuci daun binahong sebanyak 20 lembar dan rebus sampai mendidih.

Sesudah mendidih biarkan sampai dingin kemudian rebusan tersebut gunakan mencuci muka biarkan sampai kering. Hasil maksimal gunakan air rebusan untuk cuci muka sebanyak dua kali sehari.

Efek Samping Daun Binahong

Meski memiliki banyak manfaat, tetapi bukan berarti berlebihan tanpa ada aturan saat mengkomsumsinya, karena ada beberapa efek samping yang perlu diwaspadai bisa   mengganggu kesehatan.

Sakit perut, mual muntah-muntah, alergi, jantung berdebar-debar hingga rasa pusing   kepala. Boleh saja menjadikann daun binahong sebagai aiternatif pengobatan, tetapi tidak berlebihan dan sesuai kebutuhan

Itulah manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh yang bisa memberi inspirasi dan alternatif pengobatan. Dari diabetes   kemudian mengatasi asam dan  menjaga badan tetap bugar dan sehat secara alami. *

Tags :
Kategori :

Terkait