Tidak Sampai Satu Persen, Inilah Suku dengan Populasi Paling Sedikit di Indonesia

Jumat 14-07-2023,18:00 WIB
Reporter : Sri Eka Cesaria Putri
Editor : Sri Eka Cesaria Putri

SLAWI, radartegal.disway.id - Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman suku dan budaya. Setiap suku memiliki ciri khasnya sendiri dan berkontribusi dalam memperkaya identitas Indonesia sebagai bangsa yang plural. 

Menurut data sensus tahun 2010 yang dilakukan Badan Pusat Statistik, suku dengan populasi penduduk terbanyak ialah suku Jawa. Dengan jumlah penduduk mencapai 95.217.022 atau sekitar 40,22% dari total populasi penduduk di Indonesia.

Lalu disusul dengan suku Sunda dengan jumlah penduduk mencapai 36.701.670 atau sekitar 15,5% dari total populasi penduduk Indonesia. Sedangkan untuk suku dengan populasi penduduk paling sedikit adalah suku Nias

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai suku dengan populasi paling sedikit di Indonesia, simak ulasan di bawah ini!

5 Suku dengan populasi paling sedikit di Indonesia

  • Suku Nias

Suku Nias adalah salah satu suku di Indonesia yang memiliki populasi paling sedikit sekitar 1.041.925 atau 0,44% dari total populasi penduduk Indonesia. Mereka merupakan suku asli yang tinggal di Pulau Nias, Sumatera Utara. 

Suku Nias terkenal dengan tradisi adat dan kebudayaan mereka yang kaya. Namun, karena berbagai faktor seperti urbanisasi dan modernisasi, populasi suku Nias telah berkurang dalam beberapa dekade terakhir.

  • Suku Minahasa

Di posisi selanjutnya ada suku Minahasa adalah suku yang tinggal di wilayah Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Meskipun wilayah Minahasa memiliki kepadatan penduduk yang relatif tinggi, populasi suku Minahasa tetaplah merupakan salah satu yang paling sedikit di Indonesia. 

Total populasi suku MInahasa hanya 1.237.177 atau sekitar 0,52% dari total penduduk di Indonesia. Suku Minahasa memiliki tradisi dan kebudayaan yang unik, termasuk dalam bidang seni, musik, dan tarian.

  • Suku Gorontalo

Suku Gorontalo adalah suku yang bermukim di wilayah Provinsi Gorontalo, Sulawesi Utara. Populasi suku Gorontalo juga termasuk dalam kategori yang sedikit dibandingkan dengan suku-suku besar lainnya di Indonesia. 

Suku Gorontalo memiliki populasi penduduk hanya 0,53% dari total populasi penduduk di Indonesia atau sekitar 1.251.494 jiwa. Suku Gorontalo memiliki keunikan dalam adat dan budaya mereka, termasuk tarian tradisional seperti tari Pakarena dan tari Dero.

  • Suku asal Nusa Tenggara Barat lainnya

Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah provinsi yang terletak di Pulau Lombok dan Sumbawa. Di sana terdapat berbagai suku asli, seperti suku Sasak, suku Samawa, dan suku Bima. Ketiga suku ini hanya memiliki total populasi sekitar 0,54% atau 1.280.094 jiwa.

Populasi suku-suku ini juga termasuk dalam kategori yang lebih sedikit dibandingkan dengan suku-suku di daerah lain di Indonesia. Suku-suku di NTB memiliki tradisi dan adat istiadat yang kaya serta memiliki keunikan dalam seni dan kerajinan tangan mereka.

  • Suku Lampung

Suku Lampung adalah suku yang mendiami wilayah Provinsi Lampung, di ujung selatan Pulau Sumatera. Suku Lampung memiliki kebudayaan yang kaya dan beragam, dengan berbagai sub-suku seperti Lampung Pesisir, Lampung Pepadun, dan Lampung Abung. 

Meskipun populasi suku Lampung lebih besar daripada suku-suku sebelumnya yang disebutkan, mereka tetaplah termasuk dalam kategori suku dengan populasi paling sedikit di Indonesia. Populasinya hanya 0,58% atau sekitar 1.381.660 jiwa dari total populasi penduduk di Indonesia yang mencapai 244 juta di tahun 2010.

Kategori :