Daftar Nilai Tukar Mata Uang Terendah di Dunia, Indonesia Termasuk

Selasa 04-07-2023,08:22 WIB
Reporter : Zahwa Malaika Aurora Firanoerm
Editor : Zahwa Malaika Aurora Firanoerm

TEGAL, radartegal.disway.id - Mata uang Indonesia merupakan mata uang yang nilai tukarnya terendah yaitu rupiah. Nilai tukar tersebut dilihat dari dolar AS. Yang menunjukan nilai tukar yang rendah pada mata uang internasional.

Sebenarnya banyak faktor yang dapat mempengaruhi rendahnya mata uang, mulai dari krisis ekonomi atau stabilitas ekonomi, risiko politik, inflasi, dan penghambat-penghambat lainnya.

Dampak dari adanya faktor yang menjadikan mata uang rendah, yaitu membuat nilai tukar mata uang menjadi naik dan turun pada mata uang lainnya. Jadi tidak hanya mata uang itu sendiri.

Tidak hanya rupiah yang mengalami nilai tukar mata uang terendah, hal ini juga dirasakan oleh negara Vietnam, Lebanon, Paraguay, dan Laos.

Sebelumnya sudah disebutkan penyebab rendahnya nilai tukar mata uang. Hal ini menunjukan adanya kerentanan pada negara-negara yang mengalami fluktasi ekonomi dan krisis pada finansial global.

Nilai Tukar Mata Uang Terendah di Dunia

Berikut daftar nilai tukar mata uang terendah di dunia

1. Rial Iran (IRR)

Mata uang yang paling rendah di dunia diperoleh oleh negara Iran dengan nilai uang 1 Rial Iran setara dengan 0,000024 dolar AS yang mana 1 dolar AS sama saja dengan 42.250 Rial Iran.

2. Dong Vietnam (VND)

Berikutnya ada diurutan kedua dengan mata uang terendah di dunia yaitu Vietnam. Memiliki mata uang Dong, jika dikonversi 1 Dong setara dengan 0,000042 dalam dolar AS atau sama saja dengan 23.710 Dong Vietnam.

3. Leone Sierra Leone (SLL)

Negara diurutan ketiga sebuah negara di Afrika yaitu Republik Sierra Leone. Nilai 1 Leone setara dengan 0,000051 Dolar AS atau sama saja dengan 19.750 Leone.

4. Kip Laos (LAK)

Selanjutnya negara yang terletak di Asia Tenggara, yaitu Laos juga memiliki mata uang terendah di dunia. Nilai uang 1 Kip sama saja dnegan 0,000052 Dolar AS.

Kategori :