5 Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah yang Dapat Menganggu Penampilan

Minggu 02-07-2023,22:40 WIB
Reporter : Regita Bella Silvia
Editor : Regita Bella Silvia

Tegal, radartegal.disway.id - Flek hitam memang menjadi masalah yang serius untuk bagian wajah. Keadaan ini seringkali dihadapi oleh banyak orang dan dapat menganggu penampilan. Namun, sudah tahukah kalian apa penyebab munculnya flek hitam di wajah?

Penyebab munculnya flek hitam di wajah bisa bermacam-macam. Umumnya, flek hitam memang dapat muncul jika wajah terlalu sering terkena paparan sinar matahari.

Hal inilah yang menjadikan wajah harus memakai pelindung ketika akan beraktivitas di luar rumah. Keberadaan flek hitam juga sering disebut dengan frekcles, ditandai munculnya bintik coklat dan berubah menjadi hitam.

Flek hitam memang dianggap sangat menganggu penampilan. Namun, untuk menghilangkan flek hitam dibutuhkan waktu yang cukup lama. Kalian perlu untuk menggunakan skincare secara rutin dan melakukan perawatan. 

Jadi, jika kalian tidak ingin muncul flek hitam pada wajah, maka sangat perlu untuk mengetahui apa penyebab flek hitam tersebut. 

Kalian sangat perlu untuk mengetahui penyebab flek hitam. Hal ini harus kalian ketahui agar dapat menghindari hal apa saja yang menjadi penyebab munculnya flek hitam. 

Penyebab Munculnya Flek Hitam

1. Faktor Usia

Pertama yaitu faktor usia. Seiring dengan bertambahnya usia, maka flek hitam akan muncul semakin banyak di wajah. 

Hal ini terjadi karena produksi kolagen dan minyak di dalam tubuh sudah mulai berkurang. Serta kurangnya kolagen dapat menyebabkan kulit berubah menjadi keriput.

2. Kurang Mengonsumsi Makanan yang Bergizi 

Kurangnya mengonsumsi makanan yang bergizi dapat menyebabkan lapisan kulit menjadi tidak sehat.

Maka dari itu kalian perlu untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung vitamin dengan sering. Apalagi vitamin B12, vitamin E, dan vitamin K. 

3. Sering Terpapar Sinar Matahari

Selanjutnya yaitu terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Sinar matahari dapat dengan mudah menembus lapisan kulit dan menjadi penyebab flek hitam.

Kategori :