Proses Merger Perusahaan: Meta Menjual Giphy ke Shutterstock “Interface Tidak Akan Berubah”

Kamis 25-05-2023,23:45 WIB
Reporter : Sri Eka Cesaria Putri
Editor : Sri Eka Cesaria Putri

SLAWI, radartegal.disway.id - Pada akhir 2021, Inggris memerintah Meta untuk menjual Giphy dan kini permintaan tersebut direalisasikan oleh perusahaan besar yang menaungi Facebook tersebut. 

Salah satu situs penyedia foto, Shutterstock telah mencapai kesepakatan untuk membeli Giphy dari Meta dengah harga $53 juta. 

Penjualan ini tidak akan merusak tatanan pada Giphy, Meta memberikan perjanjian untuk pemrograman antarmuka Giphy yang memastikan bahwa GIF Giphy akan berfungsi dengan baik pada seluruh layanan seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp.

Proses penjualan diperkirakan akan ditutup pada bulan Juni. Shutterstock mengatakan bahwa pembeli Giphy akan meningkatkan saham dalam “percakapan santai” dengan menambahkan GIF dan stiker pada katalognya. Tidak hanya itu, mitra Giphy seperti Microsoft, Tiktok dan Twitter juga sangat membantu peningkatan saham.

BACA JUGA: Microsoft Bing Akan Mengadopsi Fitur ChatGPT, Akankah Lebih Baik?

Dengan demikian, pembelian akan membantu mengembangkan strategi AI secara generatif bagi Shutterstock terutama pada perangkat seluler dan akan membantu perusahaan menjangkau lebih banyak pengiklan.

Meta membeli Giphy di tahun 2020 untuk membentuk library dari GIF menjadi platform layaknya Instagram. Perjanjian ini telah dilaporkan bernilai $400 juta. 

Otoritas Pasar Persaingan Inggris (CMA) akan meluncurkan penyelidikan untuk menentukan apakah akuisisi Meta ke Shutterstock akan menyebabkan kerugian dalam persaingan. Selain itu, Meta juga akan didenda sebesar $69,6 juta karena melanjutkan rencana merger tanpa persetujuan dari pihak penyedia regulasi.

Setahun berlalu, CMA member tahu Meta untuk melakukan penjualan Giphy pada Shutterstock setelah menemukan fakta bahwa pengambilalihan ini akan memperkuat dominasi pasar Meta secara dominan.

Dikutip dari Engadget, Rabu (25/5/2023) mengatakan bahwa Meta melawan CMA dengan alasan bahwa platform Giphy tidak beroperasi di Inggris dan hanya dianggap sebagai iklan bergambar yang membenarkan pembagian. Meta juga berpendapat bahwa Giphy dan para penggunanya bersama-sama lebih baik dengan kekayaan yang mereka miliki.***

Kategori :