Jelang Agustusan, 71 Calon Personel Paskibra Kota Tegal Mulai Digembleng

Kamis 28-07-2022,22:30 WIB
Reporter : Teguh Mujiharto
Editor : Khikmah Wati

KOTA TEGAL - Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI, puluhan calon personel pasukan pengibar bendera (Paskibra) 2022 mulai menjalani pelatihan. 

Hal itu menyusul setelah mereka mengikuti penyematan tanda peserta pada Upacara pembukaan pelatihan Paskibra di Stadion Yos Sudarso Kamis (28/7) siang.

Adapun jumlah personel Paskibra yang akan mengikuti pelatihan sebanyak 71 orang. Mereka, merupakan siswa dan siswi pilihan hasil seleksi yang dilaksanakan pada Maret 2022 yang lalu.

Nantinya mereka akan dilatih 6 orang pelatih yang berasal dari Polres Tegal Kota, Kodim 0712/Tegal dan Lanal Tegal. Pelatihan akan berlangsung selama 15 hari yang dimulai terhitung dari tanggal 27 Juli sampai 14 Agustus 2022.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Kota Tegal Irkar Yuswan dalam sambutannya mengatakan, terpilihnya siswa-siswi menjadi anggota Paskibra merupakan hal yang harus disyukuri. Sebab, tidak semua siswa mendapatkan kesempatan seperti itu.

"Siswa-siswi calon Paskibra semua harus bersyukur, karena tidak semua pelajar di Kota Tegal mendapat kesempatan seperti ini, kalian sudah lolos dan terpilih dalam seleksi calon Paskibra tahun 2022, karenanya wajib untuk disyukuri,” ucapnya.

Menurut Irkar, anggota Paskibra merupakan siswa-siswi terpilih yang mempunyai talenta kepribadian, kemampuan dan kecerdasan. 

Karena, yang dibutuhkan tidak hanya kekuatan fisik, tetapi juga kemampuan dan kecerdasan yang teruji.

"Menjadi Paksibra harus mampu menunjukkan kualitas sebagai insan pilihan, beretika tinggi dan berbudi luhur serta memiliki wawasan kebangsaan,” imbuhnya.

Selain itu, tandas Irkar, kepada seluruh anggota Paskibra terpilih dirinya berpesan agar memiliki karakter dan berjiwa merah putih. Serta siap mengabdi dan berbakti bagi bangsa dan negara Indonesia.  

"Laksanakan tugas dan tanggung jawab yang sudah diembankan dengan dedikasi dan loyalitas, disiplin serta rasa tanggung jawab yang tinggi. Taati apa yang sudah menjadi aturan sebagai calon Paskibra dan apa yang sudah diajarkan oleh para pelatih," pungkasnya.

Untuk diketahui, nantinya, usai menjalani latihan selama 15 hari ke depan, mereka akan dikukuhkan menjadi personel Paskibra Kota Tegal pada 15 Agustus 2022. 

Selanjutnya, mereka akan memasuki karantina selama satu hari semalam untuk persiapan melaksanakan tugas pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan HUT RI ke-77 di jalan Pancasila Kota Tegal. (muj/ima)

Kategori :