Cari Aman Bikers Saat Berpuasa Ramadan, Begini Tip dan Triknya

Sabtu 16-04-2022,09:40 WIB

Bulan suci dan penuh berkah yang selalu ditunggu umat islam untuk lebih mendekat kepada Allah SWT dan mencari amalan menggapai kemenangan. Agar kenikmatan berpuasa dan beribadah dalam aktifitas berkarya dan produktif tidak terganggu, diperlukan persiapan untuk menjalaninya terutama untuk para bikers. 

Berpuasa selain menahan diri dan fisik untuk sah syarat berpuasa ada potensi yang bakal dialami oleh para bikers saat menjalani puasa sehari penuh untuk beraktivitas yaitu berpotensi timbul rasa kantuk, konsentrasi menurun bahkan dalam kondisi demikian membuat orang mudah terpancing emosi. 

Berikut adalah lengkap persiapan bikers agar lancar berpuasa dan beraktivitas berkendara. Pertama menyiapkan fisik agar mampu maksimal melakukan aktivitas seharian dengan istirahat cukup untuk tubuh.

Di antaranya mengkonsumsi air yang cukup dengan cara minum 2 gelas setelah berbuka, 4 gelas dimalam hari dan 2 gelas air putih saat sahur serta mempertimbangkan kecukupan gizi.

Kedua memilih perlengkapan berkendara yang nyaman untuk menahan terik panas matahari, memiliki sirkulasi udara yang baik agar tubuh tidak mudah kehilangan cairan dan tetap mengutamakan faktor keamanan.

Ketiga persiapkan kendaraan agar terhindar dari gangguan perjalanan dan gagal pengoperasian yang berpotensi mengalami kecelakaan.

Keempat, kita diminta lebih bersabar, kelola emosi dan ikhlas sebagai pengendali kita dalam menghadapi beragam tindakan pengguna jalan lain yang berbahaya.

Bersyukurlah bahwa jika dihadapi dengan sikap positif bisa menjadi ladang pahala untuk kita jika bisa menghadapinya. Memaafkan ternyata memiliki kebaikan untuk tubuh yaitu mengurangi stress, kecemasan memiliki dampak ke imunitas tubuh, kualitas tidur dan menyehatkan kinerja jantung serta kemampuan kognitif.

Selalu berdoa untuk memulai setiap aktifitas berkendara dan bersyukur kepadaNya telah diberikan kemudahan kelancaran dan perlindungan hingga selamat ditujuan dilangkah kelima.

Banyak hal yang bisa disiapkan dan dilakukan agar membuat aktifitas berkendara saat bulan puasa agar menyenangkan dan menjaga kondisi tubuh tetap fit hingga berbuka puasa.

“Yang paling penting selalu mengutamakan selamat dalam perjalanan berkendara sebagai langkah cari aman mencapai hari kemenangan di hari raya idulfitri,” harap Instruktur Astra Motor Jawa Tengah, Oke Desiyanto. (zul/rtc)

Tags :
Kategori :

Terkait