Bupati Tegal Minta Perangkat Daerah Tak Ragu Fasilitasi Sekolah PAUD Swasta

Minggu 06-03-2022,21:46 WIB

Informasi tersebut ia peroleh dari data neraca pendidikan daerah tahun 2020 yang dihimpun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Data tersebut juga menyebutkan baru sekitar 4,92 persen ruang kelas SD di Kabupaten Tegal yang kondisinya baik.

Sementara hal lain yang menjadi perhatian orang nomor satu di Kabupaten Tegal pada forum tersebut adalah sinergi dan kolaborasi dari bidang kebudayaan Dinas Dikbud dengan institusi atau lembaga lain terkait pengelolaan kawasan Desa Semedo Kecamatan Kedungbanteng sebagai destinasi wisata arkeologi pasca dioperasikannya Museum Situs Semedo.

“Harus ada ada kerja sama dalam pemberdayaan masyarakat Semedo, khususnya di bidang pengembangan seni dan budaya. Libatkan peran dewan kesenian, dewan kebudayaan, Dispermasdes dan pemerintah desa setempat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Ahmad Was’ari menjelaskan, forum ini merupakan ajang sinkronisasi pelaksanaan urusan pembangunan pemerintah daerah untuk merumuskan rencana program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten.

“Sesuai dengan visi misi Bupati Tegal yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Tegal 2019-2024, peran Dinas Dikbud tegas tertuang pada misi keempat, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui penguatan layanan di bidang pendidikan dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ungkap Wasari.

Senada dengan Umi, Was’ari mengungkapkan jika di tahun 2022 ini pihaknya mendapatkan alokasi program unggulan di bidang kebudayaan yang kaitannya dengan pengelolaan situs Semedo. 

Pembukaan Museum Situs Semedo, lanjut Was’ari, rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI tahun ini. (*/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait