1,5 Kilometer Jalan Tembus di Atas Awan Lereng Gunung Slamet Rampung Dibangun

Selasa 25-01-2022,00:30 WIB

Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Tegal sangat mendukung pembangunan jalan tembus menuju Pedukuhan Sawangan Desa Sigedong Kecamatan Bumijawa. Diharapkan pembangunan jalan yang membelah lereng Gunung Slamet itu selesai di tahun ini. 

Anggota DPRD Kabupaten Tegal, Nuridin, Senin (24/1) mengatakan, dirinya 
sangat mendukung pembangunan jalan menuju ke Sawangan dari Desa Sigedong. Selama ini, akses penghubung Pedukuhan Sawangan dengan Desa Sigedong memang tidak ada.

Masyarakat selalu menggunakan akses jalan milik Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes yang berada di perbatasan. Sementara, sejak kepemimpinan Umi Azizah sebagai Bupati Tegal, dibangunlah jalan menuju ke Sawangan sepanjang sekitar lima kilometer dan sudah dibangun sekitar 1,5 kilometer.

"Kami minta, jika memang anggaran dan dokumen sudah siap, segeralah dilelang. Sehingga pembangunan jalan bisa dipercepat," katanya. 

Seiring dengan pembangunan jalan itu, tambah Nuridin, juga mengusulkan agar jalan tersebut difasilitasi lampu penerangan. Sehingga jalan yang berada di area perbukitan itu tidak gelap. Kalau jalannya gelap, nanti malah rawan tindak kriminal. Seperti begal atau penjarahan kayu. 

Bupati Tegal Umi Azizah mengatakan Pemkab Tegal melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) secara bertahap sudah membangun akses jalan tembus yang menghubungkan antara Pedukuhan Sawangan di lereng Gunung Slamet dengan Desa Sigedong di Kecamatan Bumijawa di tahun ini.

Pembangunan jalan tersebut sudah mencapai 1,5 kilometer, sehingga masih menyisakan sekitar 3,5 kilometer. Pembangunan jalan yang membelah hutan itu dilakukan secara bertahap karena anggarannya cukup besar.

Untuk tahun 2021 kemarin dianggarkan Rp2,85 miliar. Anggaran itu untuk pembangunan jalan telford dan rigid beton setebal 10 sentimeter dengan lebar 5 meter sepanjang 908 meter. (guh/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait