Desa di Tegal Diterjang Banjir Bandang, Jalan Desa Tertutup Lumpur Tebal

Selasa 18-01-2022,07:05 WIB

Banjir bandang yang menghantam Desa Gunung Agung Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal, Senin (17/1) sore, menyebabkan sejumlah fasilitas warga terdampak. Misalnya jalan desa sepanjang 75 meter di Dusun Pengindangan RT 04 RW 05 misalnya, tertutup lumpur tebal. 

Relawan dari Puskesmas Bumijawa, Abdul Kholik mengatakan ketebalan lumpur yang menutupi ruas jalan desa kurang lebih 5-40 centimeter. Akibatnya, warga kesulitan untuk mengaksesnya, karena kendaraan roda dua atau pun empat susah melintasinya.

Banjir bandang awalnya terjadi di jalan penghubung Desa Jejeg ke Dukuh Pengindangan RT 04 RW 05 Desa Gunungagung. "Penyebabnya karena di Bumijawa hujan lebat, dan Bukit Corong longsor."

Ditambahkan Kholik, hujan lebat memang seringkali mengguyur Kecamatan Bumijawa dan sekitarnya akhir-akhir ini. Akibatnya, kerap terjadi bencana seperti tanah longsor di Bukit Corong.

"Untungnya kejadian tersebut tidak berdampak pada rumah-rumah warga," tambahnya.

Saat ini, serdang diupayakan pembersihan lumpur, supaya akses masyarakat itu kembali pulih. Relawan juga telah melakukan koordinasi dengan tim dan melakukan asessment dengan pihak terkait. (guh/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait