Masih Diuji Coba, Kendaraan Besar Padati Jalingkut Brebes-Tegal

Jumat 14-01-2022,19:34 WIB

Jalan lingkar utara (Jalingkut) Brebes-Tegal sejak libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) hingga saat ini masih dilalui oleh masyarakat. Jalan sepanjang 17,4 Kilometer (KM) tersebut masih tahap uji coba operasional. 

Petugas PPK I Bina Marga Jawa Tengah Denny mengatakan, meski statusnya uji coba namun pihak Pemerintah Pusat melalui Kementerian PU-PR belum resmi membuka Jalingkut yang menghubungkan Brebes- Kota Tegal tersebut. 

"Sampai hari ini status pembukaan Jalingkut Brebes-Tegal masih tahap uji coba operasional yang diberlakukan sejak libur Nataru tahun 2021 kemarin, sambil menunggu instruksi dari pusat dan hasil evaluasi forum lalulintas," ujarnya. 

Dalam uji coba Jalingkut tersebut, sejumlah kendaraan besar memadati ruas jalan penghubung Brebes-Tegal tersebut. Nampak, kendaraan berat sejenis truk memadati Jalingkut dari arah Bangsri, Kecamatan Bulakamba menuju Tegal Sari, Kecamatan Tegal Barat, atau sebaliknya. 

Seperti diketahui, proyek pembangunan Jalingkut telah selesai sejak Mei 2021 lalu. Untuk konstruksi jalan, kata dia, semuanya sudah selesai. Termasuk sarana dan prasarana pendukung seperti rambu-rambu lalu lintas sudah siap. 

"Untuk konstruksi jalan sudah selesai 100 persen. Termasuk rambu-rambu semuanya sudah terpasang. Uji kelayakan jalan dan rambu-rambu pun juga sudah kita lakukan," ungkapnya. 

Meski sarana prasarana sudah layak dilalui, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam berkendara. 

"Kami minta pengguna jalan berhati-hati untuk menghindari kecelakaan, apalagi dalam uji coba kali ini banyak dilalui kendaraan jenis truk," pungkasnya. (ded/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait