Harbolnas Hari Ini, Menparekraf Gelontorkan Uang Rp200 Miliar

Minggu 12-12-2021,05:00 WIB

Untuk mendukung kegiatan Hari Belanja Nasional (Harbolnas), Minggu (12/12) hari ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelontorkan dana mencapai Rp200 miliar. Dukungan dana tersebut, guna menstimulus Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan, bahwa kegiatan itu dapat menjadi jembatan antara pelaku usaha dengan pemerintah.

"20 tahun mengurus UMKM, mungkin ini program yang menjadi gerakan terserius yang pemerintah sudah lakukan untuk menjadi jembatan bagi pelaku UMKM, saya hadir di sini untuk memastikan kesuksesan gebyar acara idEA," kata Sandiaga, pada acara idEA-Indonesia E-Commerce Associtaion, Sabtu (11/12)

Adapun stimulus yang diberikan kepada merchant dalam bentuk voucher senilai Rp50 juta itu diharapkan bermanfaat bagi masyarakat selama Harbolnas. Stimulus itu juga menjadi bentuk dukungan terhadap karya anak bangsa, sekaligus mendorong pelaku usaha menciptakan lapangan kerja.

"Mohon digunakan semaksimal mungkin di 11-12 dan 12-12 untuk mendukung program Bangga Buatan Indonesia, UMKM dan membangkitkan perekonomian kita, khususnya para UMKM agar membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Karena seperti kita ketahui 97 persen lapangan kerja dikontribusikan oleh UMKM," tuturnya.

Di sisi lain, penciptaan lapangan kerja pasca pandemi dikatakan Sandiaga sejalan dengan satu dari tiga prioritas yang disasar Presiden Joko Widodo. Isu tersebut, berada di atas penciptaan pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi, serta stabilitas harga kebutuhan pokok.

"Isu utama kita sekarang adalah lapangan pekerjaan. Kedua adalah bagaimana kita menghadirkan pemerintahan yang bersih, bebas korupsi, dan ketiga adalah harga-harga bahan pokok, berkaitan dengan harga kebutuhan keseharian kita yang sekarang sudah agak merangkak naik," pungkasnya. (der/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait