Berasal dari Luar Daerah, Empat Peserta Festival Film Tegal Gugur, 34 Lolos Administrasi

Sabtu 23-10-2021,19:37 WIB

Pendaftaran Festival Film Tegal (FFT) 2021 yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tegal resmi ditutup pada 18 Oktober 2021. 

Kepala Diskominfo Kabupaten Tegal Bambang Kusnandar Aribawa melalui Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Kusnianto, Sabtu (23/10) mengatakan, jumlah 
pendaftarnya sebanyak 38 film atau peserta. Dari jumlah tersebut, empat peserta gugur karena berasal dari luar Tegal.

Peserta berasal dari pelajar dan umum. Untuk pelajar sebanyak 15 pendaftar. Sedangkan dari umum 19 pendaftar. Sehingga totalnya 34 pendaftar yang lolos administasi.  

"Film-film itu nantinya akan berkompetisi untuk mendapat penghargaan Film Pendek Terpilih Kategori Umum dan Pelajar," katanya.

Juga ada Sutradara Terpilih Kategori Umum dan Pelajar, tambah Kusnianto, serta Pemeran Utama Terpilih Kategori Umum dan Pelajar, Ide Cerita Terpilih Kategori Umum dan Pelajar, Poster Terpilih, Film Spesial Pilihan Juri, serta Film Favorit Pilihan Netizen.

Selain piala dan piagam penghargaan, para pemenang juga akan mendapat uang pembinaan dengan total puluhan juta rupiah. 

"Nantinya para juara akan mendapatkan uang pembinaan dari panitia. Jumlahnya lumayan sampai puluhan juta," tambahnya.

Pemilihan film favorit, lanjut Kusnianto, akan dilaksanakan pada 23 dan 24 Oktober melalui channel YouTube Festival Film Tegal. Semua penonton bisa memilih film favoritnya dengan menulis judul film di kolom live chat selama sesi berlangsung. 

Suara terbanyak, akan diumumkan sebagai Pemenang Film Favorit FFT 2021. Untuk kategori lainnya, pemenang akan langsung dipilih oleh juri-juri profesional di bidangnya, seperti Achmad Romie, sutradara asal Tegal yang sudah memproduksi beberapa film bioskop, Sidharta Tata, sutradara muda yang sedang naik daun melalui film serialnya yang berjudul Hitam 2021, dan Jason Iskandar, sutradara sekaligus penulis skenario. 

"FFT memberi ajang wadah bagi generasi muda pelajar, mahasiswa dan komunitas-komunitas sineas Tegal untuk terus berkarya dan kreatif menghasilkan karya-karya film yang menarik dan berkualitas dari berbagai sisi industri film," terangnya.

Hasil penjurian Festival Film Tegal 2021 akan diumumkan secara daring di channel YouTube Festival Film Tegal pada Rabu (27/10) mulai pukul 19.30 WIB. 

Update info-info menarik mengenai Festival Film Tegal 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tegal bersama Sinema Pantura ini, dapat diperoleh di instagram Festival Film Tegal. (guh/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait