Korsleting Listrik, Rumah Lansia Stroke yang Tinggal Bersama Anak Gangguan Jiwa Kebakaran

Kamis 16-09-2021,15:54 WIB

Rumah milik Surip (70) warga RT 04 RW 03 Desa Slarang Lor Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal ludes terbakar, Selasa malam (14/9). 

Kebakaran rumah milik nenek Surip ini diduga karena korsleting listrik dan kerugian ditaksir mencapai Rp20 juta.

Ketua PMI Kabupaten Tegal Imam Sisworo melalui Kepala Markas Sunarto, Kamis (16/9) mengatakan, 
informasi di lokasi, kebakaran terjadi sekitar pukul 21.05 WIB. 

Kala itu, Desa Slarang Lor diguyur hujan sejak sore dan mendadak aliran listrik di rumah korban padam. Sedangkan rumah lainnya masih menyala. Pemilik rumah tidak bisa membetulkan aliran listriknya karena kondisinya sedang sakit stroke. 

Korban tinggal di rumah itu bersama anaknya, Wiroso (45) yang juga mengalami gangguan jiwa. Praktis, aliran listrik dibiarkan padam. Namun tiba-tiba muncul percikan api dari sebuah kabel di ruang dapur. Percikan api itu langsung membesar dan apinya merembet ke seluruh dapur yang berukuran besar. 

Di ruang dapur itu juga terdapat sebuah kandang ayam. Sehingga puluhan ekor ayam di kandang tersebut mati terpanggang. 

"Disinyalir, kebakaran itu akibat korsleting listrik. Warga yang melihat itu bergegas memadamkan api dengan alat seadanya," katanya.

Sebagian warga juga ada yang melaporkan ke pemerintah desa dan kecamatan. Beruntung api berhasil dipadamkan tanpa menimbulkan korban jiwa maupun luka. Pemilik rumah dan anaknya berhasil diselamatkan oleh warga. Saat ini mereka menempati ruang tamu. Rumahnya memang agak besar tetapi sudah lapuk.  

Setiap hari, salah satu anak pemilik rumah, Handoyo (38) kerap berkunjung ke rumahnya. Handoyo  yang mengurus ibu dan kakaknya di rumah tersebut. Namun setiap sore atau malam, Handoyo pulang ke rumahnya sendiri yang jaraknya tidak jauh dari rumah orangtuanya.

"Ibu Surip tergolong warga tidak mampu dengan status janda. Di belakang rumahnya juga ada rumah anaknya lagi. Dia juga sering mengurus Ibu Surip," tambahnya.

Dalam peristiwa ini, lanjut Sunarto, PMI telah menyalurkan bantuan berupa uang tunai, sembako dan family kit. Penyerahan bantuan disaksikan sekcam Dukuhwaru, anggota Koramil dan perangkat Desa Slarang Lor.

Sementara itu, Handoyo mengucapkan terima kasih dengan adanya bantuan tersebut karena 
sangat bermanfaat bagi keluarganya. (guh/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait