Sisihkan Gaji, Bupati Tegal Mengajak PNS Selamatkan UMKM

Rabu 18-08-2021,21:19 WIB

Pada masa pandemi Covid-19, Bupati Tegal Umi Azizah mengajak seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Tegal agar menyelamatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Mereka harus dibantu dengan cara membeli barang dagangannya, karena di masa sulit ini semua harus membantu pedagang kecil, bantu selamatkan UMKM supaya usahanya bisa bertahan.

"Kiranya gaji PNS bisa disisihkan untuk membeli produk lokal. Nglarisi dagangan, ngurip-nguripi wong cilik, insya Allah berkah,” kata Umi, saat meninjau lapak UMKM di Dinas Perkimtaru. 

Adaptasi pelaku usaha, tambah Umi Azizah, untuk bertahan di masa paceklik akibat pandemi Covid-19 ini harus secepatnya dilakukan. Dari menginovasi produknya agar bisa bertahan lama hingga konvergensi pemasarannya dengan merambah ranah digital. 

Sinergi antara pelaku usaha dengan pasar potensialnya juga perlu dibangun. Salah satunya, melalui penyelenggaraan bazar di lingkungan pemda ini yang diikuti pelaku usaha binaan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (DisdagkopUKM) Kabupaten Tegal. 

"Ayo, kita promosikan produk pelaku usaha lokal ini lewat status Whatsapp, Facebook, Instagram sampai TikTok. Sertakan ulasannya bila perlu. Siapa tahu setelah dipromosikan, ada teman atau saudara yang ingin beli. Istilahnya getok tular,” tambahnya.

Jualan bareng Umi-Ardie (Jalabia), lanjut Umi Azizah, menjadi salah satu program yang dicontohkan untuk memasarkan produk UMKM melalui media sosial. Menurutnya, transformasi pemasaran lewat platform digital seperti media sosial ataupun marketplace sudah menjadi keharusan di era sekarang. 

Selain murah karena tidak perlu bikin toko atau lapak untuk mendisplay produknya, berjualan di platform medsos dan marketplace sangat efektif dan mampu menjangkau pasar lokal dan nasional. 

Dirinya akan terus berupaya mendorong percepatan transformasi pelaku UMKM, mengadopsi teknologi digital, termasuk literasi keuangannya. 

"Pemkab Tegal sudah menjalin komunikasi dengan PT Kasyr yang di lantai satu Trasa CoworkingSpace. Mereka siap membantu fasilitasi UMKM go digital," tambahnya. (guh/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait