Membuat Bendera Terpanjang, Warga di Kabupaten Tegal Sengaja Lakukan Hal Ini

Jumat 13-08-2021,20:21 WIB

Warga Desa Pegirikan RT 28 RW 07 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal membuat bendera dengan panjang 650 meter lebih. Pemasangan bendera tersebut di depan rumah-rumah warga di lingkungan RT tersebut.

Ketua RT 28 RW 07 Desa Pegirikan Priyo Amojo, Jumat (13/8) mengatakan, bendera 
merah putih tampak berkibar di lingkungan RT 28 RW 07 Desa Pegirikan Kecamatan Talang.

Bendera itu diklaim sebagai bendera terpanjang di Kabupaten Tegal dengan panjang lebih dari 650 meter. Adapun pemasangan bendera sudah dilakukan sejak Rabu (11/8). 

Bendera itu dipasang di depan puluhan rumah warga yang berada di wilayah RT tersebut. Adapun untuk anggarannya berasal dari masyarakat. Semula anggaran akan digunakan untuk perlombaan dalam rangka HUT RI ke 72 tahun. 

"Tapi karena masih pandemi, dan mencegah adanya penyebaran Covid-19, sehingga anggaran itu untuk pembuatan bendera," katanya.

Pembuatan bendera sendiri, tambah Priyo Amojo, dilakukan oleh tiga orang selama tiga hari tiga malam dan menghabiskan biaya sekitar Rp2 juta. Uang tersebut terkumpul dari iuran bulanan warga sebesar Rp10 ribu per kepala keluarga (KK) selama satu tahun.

Bendera panjang ini dipasang oleh puluhan warga secara bergantian. Sedangkan untuk proses penjahitan bendera sendiri membutuhkan 2,5 rol kain berwarna merah dan 2,5 rol kain berwarna putih. 

Mesti tidak ada perlombaan, semoga pemasangan bendera panjang ini tetap memberikan semangat dalam memeriahkan hari kemerdekaan. (guh/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait