Banyak yang Terpapar Covid-19, Kota Tegal Kekurangan Nakes

Kamis 01-07-2021,20:35 WIB

Puluhan tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di Kota Tegal diketahui terpapar Covid-19. Akibatnya, di sejumlah fasilitas kesehatan mengalami kekurangan hingga salah satunya membuka rekrutmen relawan nakes. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr Sri Prima Indraswati kepada sejumlah wartawan pada Rabu (30/6) mengatakan sejauh ini, total sudah ada 92 nakes yang terpapar Covid-19. Rinciannya, 9 orang bertugas di Kantor Dinkes, 7 Puskesmas Tegal Timur, Bandung 4, dan Debong Lor 7. 

Kemudian, kata Prima, RSUD Kardinah ada 16, Puskesmas Slerok 6, Margadana 1, dan Tegal Barat 2. Selanjutnya 8 nakes di RSUI Harapan Anda, RS Mitra Keluarga 13, Puskesmas Kaligangsa 1 serta nakes yang di luar rumah sakit dan puskesmas ada 7.

"Nakes yang terpapar lebih banyak yang isoman. Ada juga yang di rusunawa dan dirawat," katanya.

Menurut Prima, karena kondisi, fasilitas kesehatan yang ada mengalami kekurangan nakes. Terutama di rumah sakit dan puskesmas yang menangani pasien Covid-19. 

"Karenanya, di RSUD Kardinah sebagai rumah sakit rujukan pertama saat ini membuka rekrutmen relawan nakes. Sebab, memang kekurangan dokter, analis, perawat, hingga sopir ambulans. Selain terpapar, juga ada dokter yang kembali sekolah. Memang rencananya akan rekrutmen karena sudah ada anggarannya," ujarnya.

Prima menambahkan, kasus Covid-19 di Kota Tegal memang sedang melonjak cukup tinggi. Kasus aktif sekarang mencapai 321 dengan jumlah yang dirawat 60 dan sisanya menjalani isoman. (muj/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait