Layanan Tes GeNose Bagi Calon Penumpang Kereta Sudah Bisa Dilakukan di Stasiun Brebes

Jumat 21-05-2021,15:22 WIB

Layanan tes Covid-19 dengan Metode GeNose, kini sudah bisa dilakukan di Stasiun Kereta Api Brebes dan Haurgeulis. Dengan begitu, kini sudah ada 5 lokasi yang melayani tes itu di wilayah Daop III Cirebon.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Suprapto melalui siaran persnya mengatakan, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh penumpang KA jarak jauh yakni surat bebas Covid-19. Karenanya, untuk mempermudah mendapatkannya, di Stasiun Haurgeulis dan Stasiun Brebes sudah dibuka layanan tes dengan metode GeNose.

"Terhitung mulai 20 Mei 2021, layanan GeNose sudah ada di dua stasiun yakni Haurgeulis dan Brebes," katanya.

Menurut Suprapto, biaya yang dikenakan untuk tes itu yakni sebesar Rp30 ribu. Layanan ini terselenggara atas kerja sama antara PT KAI Daop 3 Cirebon bersama pihak lain.

Adapun untuk jam pelayanannya, kata Suprapto diatur untuk di Stasiun Haurgeulis mulai pukul 07.30 sampai 17.00 WIB. Sedangkan di Stasiun Brebes dimulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

"Diharapkan dengan kehadiran layanan ini, bisa menjadi alternatif pilihan lokasi pelayanan bagi para penumpang," tandasnya.

Sebelumnya, ujar Suprapto, telah hadir layanan serupa di Stasiun Cirebon, Prujakan dan Jatibarang. Nantinya, para penumpang bisa memilih layanan yang terdekat dengan stasiun keberangkatannya dalam mendapatkan surat bebas Covid-19.

"Dengan adanya penambahan itu, total ada 5 stasiun di wilayah Daop III yang melayani pemeriksaan GeNose C19," jelasnya.

Suprapto menambahkan, hasil pemeriksaan GeNose C19 di 5 stasiun itu dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA jarak jauh. 

Untuk dapat melakukan pemeriksaan, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas. Serta tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

Menurut Suprapto, layanan pemeriksaan metode GeNose telah menjadi primadona pilihan para penumpang di dalam mendapatkan Surat Keterangan Bebas Covid-19. Hal itu, bisa terlihat dari semakin meningkatnya jumlah peserta yang memeriksa diri. 

"Adapun jumlah penumpang KA yang telah mengunakan layanan tes GeNose mencapai 23.223 orang. Sementara yang menggunakan layanan rapid tes antigen 3.763 orang," pungkasnya. (muj/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait