Ribuan Pemudik Masuk Kabupaten Tegal, Sekda Sidak Beberapa Puskesmas

Rabu 12-05-2021,18:50 WIB

Sekda Tegal Widodo Joko Mulyono melakukan inspeksi mendadak ke beberapa puskesmas. Sidak tersebut dilakukan untuk melihat langsung penanganan Covid-19 di masing-masing puskesmas. 

Lima puskesmas yang kena sidak meliputi Puskesmas Dukuhwaru, Pagerbarang, Balapulang, Bojong dan Jatinegara.

Sekda Tegal Widodo Joko Mulyono, Rabu (12/5) mengatakan, saat ini sudah ribuan masyarakat Kabupaten Tegal yang mudik ke kampung halamannya. 

Sehingga Pemkab Tegal harus mengantisipasi agar tidak terjadi ledakan kasus Covid-19. Salah satunya dengan melakukan sidak ke beberapa puskesmas untuk melihat kesiapannya. 

"Ada lima puskesmas yang disidak. Saya melihat langsung bagaimana penanganan tenaga medis terhadap warga," katanya.

Tenaga medis di puskesmas, tambah Widodo Joko Mulyono, harus jemput bola terhadap warga yang terindikasi terkena virus corona. Selalu rutin menyambangi desa-desa dengan bekerjasama dengan Jogo Tonggo. Karena fasilitas yang dimiliki oleh puskesmas lebih lengkap, sehingga harus berani jemput bola. 

"Saya minta pada tenaga medis untuk tidak menunggu laporan dari Jogo Tonggo. Gunakan ambulans puskesmas untuk keliling ke desa dan melakukan pemeriksaan," tambahnya.

Setelah lima puskesmas, lanjut Widodo Joko Mulyono, dirinya akan sidak lagi ke puskesmas lain untuk mengetahui secara detail kesiapan tenaga medis dalam penanganan kasus Covid-19. 

"Jangan sampai kasus sudah membludak baru melakukan penanganan. Tapi Pemkab Tegal mendorong agar tenaga medis melakukan pencegahan secara dini. Agar kasus Covid-19 di Kabupaten Tegal dapat ditekan," tandasnya. (guh/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait