Siap-siap Nih! Pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Tegal Dibuka Mulai Besok

Jumat 19-03-2021,14:45 WIB

PT KAI membuka pelayanan pemeriksaan Covid-19 dengan metode GeNose C19 di Stasiun Kereta Api Tegal. Pelayanan untuk calon penumpang itu rencananya akan dibuka mulai Sabtu (20/3) besok.

Humas PT KAI Daop IV Semarang Krisbiyantoro melalui siaran persnya mengatakan secara bertahap pihaknya akan menambah lokasi pemeriksaan GeNose C19. Karenanya, mulai 20 Maret 2021 akan menambah 9 stasiun yang menyediakan layanan itu dengan bekerjasama dengan pihak lain.

"Sembilan stasiun itu diantaranya Bekasi, Kiaracondong, Cirebon Prujakan, Tegal, Kutoarjo, dan Lempuyangan, Semarang Poncol, Jombang, dan Sidoarjo," terangnya. 

Menurut Krisbiyantoro, khusus di wilayah Daop 4 Semarang akan ada dua stasiun lagi yang melayani GeNose C19, selain Stasiun Tawang, yakni Poncol dan Tegal. Sedangkan jam layanan masih tetap sama.

"Untuk pelayanan di Stasiun Semarang Tawang, kata Krisbiyantoro, yakni pukul 07:00-19:00 WIB. Sedangkan di Poncol 08:00-16:00 dan Tegal 07:00-16:00 WIB," ujarnya.

Terkait Tarif, ujar Krisbiyantoro, pemeriksaan GeNose C19 di stasiun mengalami penyesuaian setelah 1 bulan lebih diterapkan tarif khusus atau pre-launching sebesar Rp20 ribu. Maka mulai 20 Maret 2021 tarif pemeriksaan GeNose C19 di stasiun sebesar Rp30 ribu.

Selain itu, kata Krisbiyantoro, sebagai bentuk peningkatan pelayanan, pemeriksaan GeNose C19 di stasiun nantinya akan terintegrasi dengan ticketing system KAI. Sehingga hasil pemeriksaan secara otomatis muncul pada layar boarding petugas ketika masuk peron stasiun. 

"Saat ini fitur tersebut sedang dalam tahap finalisasi," tandasnya.

Menurut Krisbiyantoro, untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas. Serta tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes. (muj/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait