Seleksi PPPK Menggunakan UNBK, Dimulai Mei Mendatang

Rabu 17-03-2021,21:18 WIB

Seleksi ASN formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) satu juta guru rencananya akan dimulai Mei 2021 mendatang. Untuk poses pendaftaran dan verifikasinya akan dilakukan secara digital. Sedangkan seleksinya menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Sistem Informasi ASN pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Kabupaten Tegal Trianto Budiatmoko, Rabu (17/3) mengatakan, nanti ujian seleksi PPPK dengan sistem UNBK dan rencana akan dimulai bulan Mei. Seleksi ini berbeda dengan ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) nonguru.

Untuk seleksi CPNS menggunakan sistem computer assisted test (CAT) BKN. Rangkaian pelaksanaan seleksi ASN ini nanti akan memperhatikan prinsip keadilan dan transparansi, mengedepankan objektivitas, akuntabilitas dan bebas dari praktik Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN) serta tidak dipungut biaya. 

"Tahun 2021 ini, Pemkab Tegal sudah mengusulkan 1.521 formasi calon ASN ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB)," katanya. 

Dari jumlah tersebut, tambah Trianto Budiatmoko, 1.100 formasi di antaranya adalah guru PPPK. Sisanya, 421 formasi adalah nonguru yang merupakan CPNS. Usulan itu sudah disampaikan ke Kemenpan RB sejak Desember 2020 lalu. Tinggal menunggu penetapan formasinya saja, paling lambat akhir Maret 2021 ini. (guh/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait