Kapasitas TPA Penujah Lebihi Ambang Batas dan Rawan Longsor, Kabupaten Tegal Darurat Sampah

Minggu 14-03-2021,06:20 WIB

Daya tampung Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Penujah di Desa Penujah, Kedungbanteng, Kabupaten Tegal sudah lebihi ambang batas sejak 2018 lalu. Saai ini, TPA seluas 4,1 hektare yang dioprasionalisasikan 1997 lalu itu, harus menampung 487 ton sampah setiap harinya.

Secara teknis, TPA Penujah hanya mampu digunakan hingga 2017 lalu. Tetapi pemanfaatannya dipaksakan dengan mengubah pemrosesan dari sanitary landfill dengan open dumping yang tak ramah lingkungan sekitar, sehingga timbunan sampah mulai menjorok ke tanah milik warga di sekitarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Tegal, Widodo Joko Mulyono mengatakan persoalan TPA Penujah ini harus segera diselesaikan, apalagi usia teknis TPA Penujah sudah dilampaui. Menurutnya, TPA Penujah awalnya dirancang sejak awal untuk memproses sampah masyarakat Kabupaten Tegal selama 20 tahun dengan pola sanitary landfill.

"Artinya, di 2017 sudah harus ada pengembangan atau pembukaan lahan baru. Tapi ini terus kita paksakan dengan open dumping, yang tidak ramah lingkungan dan rawan longsor. Kita gunakan sampai tiga tahun lebih dari usia pakainya,” kata Joko.

Karenanya, ungkap Sekda, dia akan segera membahasnya bersama Bupati Tegal. Utamanya terkait rencana perluasan lahan TPA, karena sudah memakai tanah milik warga hingga satu hektare dan lahan non aktif seluas 1,07 hektare yang sesungguhnya diperuntukkan sebagai zona buffer.

Joko tak memungkiri volume sampah yang terus meningkat rata-rata 18,85 persen per tahun dalam empat tahun terakhir, menjadi alarm peringatan bagi Pemkab Tegal membenahi sistem pengelolaan sampahnya. "Persoalan sampah harus dilihat secara menyeluruh, karena setiap orang bertanggung jawab atas sampah yang dihasilkannya."

Joko menggarisbawahi pentingnya membangun kesadaran masyarakat mengelola sampahnya secara bertanggung jawab. Jumlah wirausahawan sosial yang bergerak di isu persampahan, imbuh Joko, harus diperbanyak.

"Termasuk peran bank sampah dan relawan lingkungan untuk mewujudkan Desa Merdeka Sampah yang akan dicanangkan Maret ini," pungkasnya. (guh/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait